Monday, April 17, 2017

Cara Membuat Kue Mochi Isi Coklat Dengan Cara di Kukus

Bunda sudah tahu kue Mochi berasal dari mana? Yups kue ini berasal dari Negri Sakura (Japan) Di Negara asalnya sendiria kue ini biasa disajikan di acara tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang.

Mochi isi coklat (credit: ipontchi)


Di Indonesia sendiri kue Mochi ini sangat terkenal, dan yang paling terkenal berasal dari kota Sukabumi. Maka tak heran deh kalau pergi ke Sukabumi, oleh-oleh yang paling banyak dicari adalah Mochi.

Tapi daripada harus jauh-jauh ke Sukabumi, lebih baik sesekali kita coba untuk membuatnya sendiri yuk bunda. Cara membuatnya juga mudah lho. Yuk langsung saja lihat detail bahan dan cara membuatnya di bawah ini.


Bahan-bahan:

  • 100 gr tepung ketan
  • 50 gr tepung maizena
  • 150 ml air
  • 1 sdm margarin, lelehkan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm susu kental manis
  • cokelat nutella secukupnya
  • bubuk cokelat secukupnya

Cara membuat Kue Mochi Coklat

  1. Sangrai tepung maizena hingga tidak menggumpal. SIsihkan.
  2. Campur tepung ketan, air, susu, margarin dan gula, aduk rata hingga jadi adonan kental.
  3. Kukus kurang lebih 20 menit atau hingga matang. Angkat dan uleni. Lapisi roll kayu dengan plastik dan tepung maizena agar tidak lengket.
  4. Potong-potong dan isi dengan nutella, bulatkan hingga tak ada celah. Taburi dengan bubuk cokelat agar tidak lengket.

Sunday, April 2, 2017

Cara Membuat Ayam Bakar Citarasa Pedas Manis

Bosan dengan ayam goreng? Bagaimana kalau dibakar saja? yups, ayam bakar adalah menu yang banyak sekali dijajahkan ya, jadi tak heran jikalau mendengar kata ayam bakar mungkin kamu sudah bosan menyantapnya.

ayam bakar pedas manis
Photo Credit : @anggiradewi


tapi biasanya belikan? Bagaimana kalau kita membuatnya sendiri. Pada resep ayam bakar satu ini, kamu akan membuat makanan dengan citarasa pedas manis yang ngeblad yang pasti sih lezat dan sangat menggugah selera.

Untuk yang ingin langsung membuatnya bisa langsung melihat detail resepnya di bawah ini. Selamat mencoba membuatnya ya.

Bahan-Bahan
  • 500 gram daging ayam, lumuri dengan air jeruk nipis biar nggak amis
  • 1 ruas jahe, dimemarkan
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm gula merah
  • 1 gelas air
Resep lainnya:  Ayam Bakar Pedas Manis Sederhana

Bumbu Halus
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 sdt ketumbar bubuk

Bumbu Oles
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm mentega

Cara Membuat Ayam Bakar Pedas Manis
  1. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bumbu halus, serai, daun salam dan jahe.
  2. Masukkan daging ayam.
  3. Tambahkan gula merah, kecap manis, dan garam. Aduk rata.
  4. Tuangkan air, masak sampai surut dan daging ayam matang.
  5. Simpan dalam freezer, lalu panggang dengan bumbu oles sampai kecokelatan.

Cara Membuat Gulai Kambing Citarasa Pedas Gurih

Resep satu ini sangat cocok jika sudah menjelang hari raya kurban nih, mengingat pada saat itu pastinya setiap orang akan kebingungan ingin mengolah daging kambing menjadi masakan apa, karena terlalu banyak daging yang menumpuk dan biasanya sih hanya dijadikan sate kambing saja.

Cara Membuat Gulai Kambing Citarasa Pedas Gurih
Photo Credit: @opitpetrok


Jika kamu ingin membuat masakan yang aagak berbeda dan bosan dengan sate, kamu bisa mencoba membuat gulai kambing. Tentu dong gulai kambing lebih memiliki citarasa, pastinya rasa gurih dan pedas akan berasa banget pada resep kali ini.

Pastikan penggunaan cabai sesuai dengan selera kamu ya. Yuk langsung saja untuk kamu yang ingin membuatnya, bisa langsung melihat detail resepnya di bawah ini ya.

Bahan

  • 1/5 kg daging kambing (potong sesuai selera)
  • 1 liter santan kelapa
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 5 cm lengkuas (memarkan)
  • 5 cm jahe (memarkan)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 buah tomat
  • Minyak goreng (secukupnya)
Resep Lainnya : Cara Membuat Empal Gempuk

Bumbu Halus

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/4 sdt merica
  • 3 butir kemiri
  • 1/3 biji pala
  • 1/4 sdt jinten
  • 5 cm kunyit
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu daging bubuk (secukupnya)

Cara Membuat Gulai Kambing Pedas Gurih


  1. Rebus daging kambing hingga empuk. Jika sudah, angkat lalu tiriskan.
  2. Haluskan semua bumbu kemudian tumis hingga harum
  3. Masukkan sedikit air ke dalam bumbu yang sedang ditumis.
  4. Tambahkan batang serai, jahe dan lengkuas lalu daging kambing.
  5. Masak hingga bumbu meresap dan mendidih.
  6. Masukkan daun jeruk dan daun salam kemudian masak lagi hingga mendidih.
  7. Terakhir, tambahkan santan kelapa dan buah tomat. Masak hingga daging kambing benar-benar matang dan empuk serta kuah gulai mendidih.
  8. Matikan kompor. Segera sajikan gulai yang sudah matang bersama nasi putih hangat dan taburan bawang merah goreng di atasnya.

Cara Membuat Tumis Pare yang Enak

Dikulkas sedang ada pare? Kebetulan banget nih resepkuekering.org share cara membuat tumis pare, untuk yang tidak suka sayur satu ini mungkin akan langsung melewatkannya ya.

Photo Credit: @ratuyuni_qq


Memang pare memiliki rasa yang pahit, jadi tidak semua orang menyukai sayur satu ini, tapi dibalik rasanya yang pahit tersebut. Pare memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan untuk tubuh kita lho, untuk manfaatnya kamu bisa googling saja ya karena sudah banyak yang menjelaskannya.

Disini kamu bisa mencontek cara membuat tumis pare yang gurih, enak dan lezat dengan cara yang tidak terlalu sulit. Untuk kamu yang ingin membuatnya langsung saja yuk lihat detailnya di bawah ini.


Bahan
  • 2 buah pare (buang isi, potong-potong kecil sesuai selera)
  • 2 butir telur ayam
  • 3 cm lengkuas (memarkan)
  • 2 buah cabai merah besar (buang isi, iris tipis)
  • Minyak goreng (secukupnya)
Resep Lainnya: Tumis Buncis Extra Pedas

Bumbu Halus
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Lada bubuk (secukupnya, agar aroma tumis pare lebih sedap)


Cara Membuat Tumis Pare Enak
  1. Campur pare dengan sedikit garam lalu aduk-aduk rata hingga lemas. Sambil mengaduk pare, kamu bisa meremas-remas pare. Peras airnya kemudian cuci bersih dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng lalu masak telur orak-arik.
  3. Angkat telur kemudian panaskan lagi minyak goreng.
  4. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan irisan cabai merah dan lengkuas ke dalamnya. Tumis hingga harum.
  5. Masukkan sayur pare dan telur orak-arik. Aduk rata kemudian masak hingga semua bahan matang.
  6. Segera angkat tumis pare dengan telur orak-arik yang telah matang.
  7.     Segera sajikan selagi masih hangat.

Saturday, April 1, 2017

Cara Membuat Ceker Kripsi Renyah dan Gurih

Kebetulan di kulkas ada ceker yang belum diolah nih, mau dijadikan apa ya ceker ayam ini. Pasti kamu juga sedang bingung ya mau mengolah ceker menjadi makanan apa. hmm mau citarasa pedas, manis atau gurih ya?

Nah kalau kamu ingin mengolahnya dengan citarasa yang renyah dan gurih mungkin resep satu ini bisa menjadi pilihan yaitu ceker kripsi seperti fried chicken saja, namun bedanya ini hanya bagian cekernya saja ya.

Bahannya mudah kok, tidak terlalu sulit untuk membuatnya, jadi yuk langsung saja kita contek resepnya di bawah ini. Jangan lupa siapkan semua bahannya ya.

Resep Lainnya: Cara Membuat Opor Ayam


Bahan-Bahan
  • 450 gram ceker ayam
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm gula
  • 3 siung bawang putih, digeprek
  • 1 batang kayu manis
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 200 gram tepung terigu (bisa ditambah sedikit garam)
  • minyak goreng
  • air secukupnya
Ceker ayam
photo credit: Mrs. Bones yummy! 鸡爪


Cara Membuat Ceker Kripsi Renyah
  1. Bersihkan ceker, masukkan dalam panci, tambahkan air secukupnya, lalu rebus dengan garam, kecap asin, gula, bawang putih, dan kayu manis.
  2. Masak ceker hingga benar-benar empuk.
  3. Angkat ceker, tiriskan.
  4. Celupkan di kocokan telur, lalu balut dengan tepung.
  5. Panaskan minyak, goreng ceker hingga kecokelatan.

Onde-Onde Ala Rumahan Mudah Nan Lezat

Setelah kemarin kita sudah share resp onde-onde yang terbuat dari singkong, kali ini masih sama yaitu onde-onde juga namun bedanya kali ini tidak menggunakan singkong dan ini ala ala rumahan gitu lho.

Onde-Onde Ala Rumahan Mudah Nan Lezat
Photo Credit: @ragirlh_https://www.instagram.com/p/BSPhU9sBzKh/


Kalau ala-ala rumahan, sudah pasti bahan dan cara membuatnya lebih mudah dan simpel tapi hasilnya luar biasa enak lho, apalagi kamu yang suka dengan kacang hijau, ini cocok banget. Karena pada bagian dalam onde-onde ini ketika digigit akan terasa kacang hijau dan manis gula merah yang menyatu.

Gak sabar kan ingin mencoba sensasi manis dan gurihnya makanan satu ini, dari pada beli yuk coba untuk membuatnya sendiri, mudah dan murah kok. Langsung saja jika kamu ingin membuatnya bisa langsung melihat detail resepnya di bawah ini ya.


Bahan-bahan:

  • 300 gr tepung ketan
  • 200 gr kacang hijau kupas
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 sdm gula merah
  • 3 sdm tepung maizena
  • biji wijen secukupnya
  • air secukupnya
Resep Lain: Cara Membuat Onde-Onde Singkong

Cara membuat Onde-onde Ala Rumahan

  1. Rebus kacangan hijau hingga empuk, campur dengan gula dan tepung maizena. Lumatkan hingga lembut.
  2. Campur air dan tepung ketan, uleni hingga kalis dan buat bulatan-bulatan kecil.
  3. Pipihkan adonan tepung dan isi dengan kacang hijau gula. Tutup hingga tak ada celah. Lalu gulung di atas biji wijen hingga lengket.
  4. Goreng hingga kecokelatan dan matang.

Cara membuat Pisang Coklat Keju Lumer Lezat dan Mudah

Disaat santai sambil minum teh kopi, atau susu. Sudah pasti lebih enak lagi jika disandingkan dengan cemilannya ya, bisa dengan roti atau makanan ringan lainnya, dan itu tergantung masing-masing orang sih, mau yang gurih-gurih ataupun yang manis-manis.

Cara membuat Pisang Coklat Keju Lumer Lezat dan Mudah
Photo Credit: @PiscokMbler


Kalau kamu suka yang manis-manis, kamu dapat membuat sendiri makanan ringan satu ini yaitu pisang keju, ketika kamu gigit pisang ini akan ada lumer-lumeran yang enak, manisnya coklat dan gurihnya keju akan ngebland banget di lidah. Gak percaya?

Mau membuatnya sendiri? Jika iya, kamu bisa langsung bisa mencontek resepnya di bawah ini. Di sini kamu lebih cocoknya menggunakan pisang uli, atau kalau memang tidak ada bisa menggunakan pisang lainnya. Bahan lanyya adalah kulit lumpia dan coklat serta keju.

Resep Lainnya:  Cara Membuat Tumis Jantung Pisang

Yawd ya langsung saja untuk kamu yang ingin membuatnya bisa langsung melihatnya di bawah ini. 


Bahan:

  • 10 buah pisang uli matang ukuran sedang
  • 10 lembar kulit lumpia
  • coklat meises dan keju sesuai selera
  • minyak goreng
pisang uli
photo credit: Roberto Verzo Fruits in a bag



Cara Membuat Pisang Coklat Keju Lumer

  1. Potong pisang jadi dua dan belah tengah.
  2. Ambil selembar kulit lumpia isi dengan pisang, meises, dan keju parut.
  3. Bungkus pisang dan isinya dengan rapi.
  4. Panaskan minyak goreng.
  5. Masukkan pisang dalam minyak panas dan goreng sampai kulitnya kering kecoklatan.
  6. Pisang lumer siap disajikan bersama teh atau kopi.

Thursday, March 30, 2017

Cara Membuat Wedang Serai Hangat Mudah

Anda ingin membuat minuman yang menghangatkan dan sehat? Coba dengan membuat wedang serai satu ini. Selain sehat minuman ini kaya manfaat lho. Untuk membuatnya Anda hanya memerlukan beberapa bahan yang diantaranya adalah serai, gula pasir, gula jawa dan air. Mudah bukan untuk mendapatkan bahan-bahannya?

Cara Membuat Wedang Serai Hangat Mudah
Photo Credit: swxxii


Nah untuk Anda yang ingin langsung membuatnya, dapat langsung melihat detail cara membuatnya di bawah ini, seperti dilansir dari vemale.

Resep Lainnya: Wedang Jahe Sekoteng

Bahan
  • 5 batang serai (memarkan)
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdm gula jawa
  • 5 gelas air
Batang serai

Cara Membuat Wedang Serai Hangat
  1. Rebus air hingga mendidih. Masukkan batang serai ke dalamnya dan rebus hingga matang.
  2. Tambahkan gula pasir dan gula jawa lalu aduk rata hingga larut. 
  3. Rebus hingga mendidih. 
  4. Jika sudah, matikan kompor lalu saring.
  5. Tuang ke dalam gelas saji dan segera nikmati selagi masih hangat.

Wednesday, March 29, 2017

Cara Membuat Babat Gongso Pedas Manis Lezat

Mau membuat makanan dengan bahan babat? Anda dapat mencoba resep yang satu ini bun, Babat gongso pedas manis yang lezat dan tidak terlalu sulit. Untuk membuatnya pastinya Anda harus menyiapkan beberapa bahan yang diantaranya adalah babat sapi dan beberapa bahan untuk bumbu. Langsung saja untuk membuatnya, Anda dapat melihat detail resep dan cara membuatnya di bawah ini ya.

Cara Membuat Babat Gongso Pedas Manis Lezat
Photo Credit: @Devina_Kwee


Bahan-Bahan

  • 500 gram babat sapi, cuci, rendam dengan jeruk nipis dan bersihkan
  • 3 gelas air putih
  • gula, garap, kecap, dan saus tiram secukupnya


Bumbu yang Dihaluskan

  • 7 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri sangrai
  • 10 buah cabai rawit merah (atau sesuai selera)
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas lengkuas
  • 4 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdm ketumbar bubuk
Resep Lain: Tumis Kerang Pedas


Cara Membuat Babat Gongso Pedas Manis

  1. Rebus babat dengan daun salam dan jahe sampai empuk.
  2. Iris babat yang sudah empuk, tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum. Tuang 3 gelas air.
  4. Setelah air menyusut, masukkan babat. 
  5. Tambahkan gula, garap, kecap, dan saus tiram secukupnya
  6. Aduk dan masak hingga bumbu meresap.

Monday, March 27, 2017

Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas yang Lezat

Hi Bunda, sedang ingin membuat makanan dari bahan ayam? Coba deh dengan makanan satu ini, yakni ayam goreng lengkuas yang pasti mudah dan lezat. Untuk bahannya dan cara membuatnya Anda bisa langsung melihat detailnya di bawah ini. Yuk langsung saja untuk mencoba membuat makanan enak ini.

photo credit: gtrwndr87 Medium Order, half soy half spicy


Bahan
  • 1 kg daging ayam (potong sesuai selera)
  • 150 gram lengkuas parut
  • 300 ml santan kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 batang serai (memarkan)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu Halus
  • 1 sdt garam
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
Resep Lainnya: Ayam Goreng Serundeng

Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas

  1. Masak daging ayam bersama bumbu yang telah dihaluskan.
  2. Tambahkan santan, daun salam, daun jeruk, air asam jawa, serai dan lengkuas parut. 
  3. Masak daging ayam hingga santan kering dan bumbu merasuk ke dalam daging dengan baik. 
  4. Jika sudah, tiriskan ayam lalu panaskan minyak goreng. 
  5. Goreng daging ayam yang telah dimasak dengan semua bumbu hingga berwarna kuning kecokelatan.
  6. Goreng juga sisa bumbu untuk memasak ayam hingga kering dan berwarna kecokelatan. 
  7. Ayam goreng lengkuas sudah matang dan siap disajikan.

Berlangganan Resep Via Email