/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
12 Bahan Bumbu Marinasi Ayam, Daging & Ikan

Iklan Billboard 970x250

12 Bahan Bumbu Marinasi Ayam, Daging & Ikan

Marinasi.

Bahan Bumbu Marinasi : Marinasi adalah proses pengolahan atau proses pembumbuan bahan masakan sebelum dimasak. Marinasi bisa dilakukan pada bahan masakan seperti, daging ayam, daging kambing, sapi dan ikan atau berbagai macam jenis ikan laut lainya. Proses pembalutan atau perendaman pada bahan masakan ini juga dapat disebut marinate. Hal ini dilakukan untuk dapat menetralkan bau pada jenis daging pada masakan tertentu, dan juga untuk memberikan tingkat rasa yang lebih maksimal. Agar rasa bumbu rempah-rempah yang dibalurkan atau bumbu yang merendam daging masakan dapat meresap sempurna. Dan untuk proses pembumbuan atau marinasi ini biasanya dilakukan antara selama 10 menit sampai 30 menit atau bahkan ada yang sampai semalaman sebelum bahan masakan ayam, daging atau ikan yang di marinasi akan dimasak.

bahan bahan marinasi, bahan bumbu marinasi, bahan membuat bumbu marinasi ayam, marinasi ayam, marinasi daging, marinasi ikan, marinasi adalah,

Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan proses marinasi bahan masakan dalam waktu yang lebih lama, sebaiknya bahan masakan tersebut tertutup rapat dalam wadah, dan walaupun bahan masakan marinasi tersebut disimpan dalam lemari pendingin atau freezer. Pada dasarnya bahan bumbu yang digunakan untuk marinasi itu terdiri dari dua jenis bumbu, yaitu bahan bumbu marinasi kering dan bahan bumbu marinasi basah. Dan untuk kedua bahan bumbu marinasi ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan cara pengolahan jenis bahan makanan yang akan di olahannya.

Dan sebelum anda melakukan proses marinasi ini, alangkah baiknya jika Anda mengenali dahulu tekstur dari bahan masakan yang akan Anda marinasi tersebut. Karena tidak sedikit juga sebagian orang, sering merasa kebingungan ketika akan mengolah daging atau ikan ketika mereka akan memasak lauk untuk masakannya. Terutama dalam hal resep bumbu yang akan digunakan untuk mengolah masakan, dan ketika akan dimasak menjadi masakan apa lauk ini nantinya. Dalam hal ini, kebanyakan ibu rumah tangga pada umumnya, seringkali banyak yang asal-asalan ketika membumbui bahan masakannya, tanpa memperhatikan tekstur dari bahan lauk yang akan dimasaknya.

Agar kita semua dapat memahaminya secara perlahan, saya ambil salah satu contoh saja. Contohnya ketika kita akan mengolah daging kambing yang memiliki bau prengus yang khas dan memiliki tekstur daging yang agak alot ini saja. Cara memarinasinya, pada saat akan di marinasi bisa menambahkan bahan bumbu yang aromanya lebih tajam, agar bau pada daging kambing dapat netral. Sedangkan pada jenis lauk ikan memiliki tekstur daging yang lebih mudah hancur, maka dari itu untuk proses marinasinya hanya cukup dengan menggunakan jenis bahan bumbu marinasi yang lebih ringan saja.

Bahan Bumbu Marinasi.

Berikut ini adalah beberapa jenis Bahan Bumbu Marinasi yang banyak digunakan untuk proses memarinasi Ayam, Daging dan Ikan:

1. Air Perasan Jeruk Nipis.
Air dari perasan jeruk nipis ini merupakan salah satu bahan marinasi yang banyak digunakan untuk menghilangkan bau amis pada semua jenis daging dan ikan. Selain sebagai penghilang bau amis pada ikan, perasan air jeruk nipis juga dapat memberikan aroma segar pada bahan lauk yang dimarinasi.

Berikuti ini contoh beberapa resep masakan yang melaui proses menggunakan bahan bumbu marinasi sebelum dimasak:
Empal Sapi Gepuk Serundeng.
Pepes Ikan Mas Bumbu Kuning.

2. Garam.
Garam merupakan jenis bumbu yang masuk katagori bahan bumbu ringan yang sering digunakan untuk memarinasi ikan. Karena ikan merupakan jenis lauk yang memiliki bau yang khas, sehingga banyak sekali orang yang sebelum memasak ikan, selalu menaburi dahulu ikannya dengan garam dan bahan-bahan marinasi lainnya sebelum ikan di masak.

Berikut ini beberapa contoh olahan ikan yang diberi bahan bumbu marinasi sebelum dimasak:
Sup Ikan Salmon Kuah Bening.
Daging Sapi Lada Hitam.

3. Lada atau Merica.
Lada atau merica juga merupakan bahan bumbu yang sering digunakan untuk bahan marinasi ikan dan daging. Karena lada atau merica termasuk kedalam jenis bahan bumbu marinasi yang ringan, sehingga sangat sering digunakan untuk bahan bumbu marinasi daging atau jenis ikan laut lainnya. Pada umumnya lada atau merica banyak digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan.

Berikut ini beberapa contoh resep masakan yang memakai merica sebagai bahan bumbu marinasi:
Sup Ikan Patin Kuah Bening.
Kari Daging Sapi Tanpa Santan.

4. Perasan Air Jeruk Lemon.
Jeruk lemon ini sama halnya dengan jeruk nipis, bahwa air dari perasan jeruk lemon juga dapat digunakan sebagai penghilang bau amis pada semua jenis daging, ayam dan ikan. Karena air perasan jeruk lemon hanyalah sebagai opsi dari air perasan jeruk nipis saja. Air perasan jeruk lemon juga selain sebagai penghilang bau amis pada semua jenis ikan, juga dapat berfungsi sebagai penambah aroma rasa segar pada jenis masakan tertentu.

Beberapa masakan yang menggunakan perasan air jeruk lemon untuk menjadi bahan bumbu marinasi:
Gulai Kepala Ikan Kakap.
Sup Ikan Gurame Asam Pedas.

5. Bawang Putih.
Bawang putih juga dapat digunakan untuk bahan bumbu marinasi. Penggunaannya bisa berupa bawang putih yang dihaluskan atau bawang putih yang berupa bubuk. Pada umumnya jenis bahan bumbu ini sering digunakan untuk bahan marinasi daging dan ayam. Selain sebagai bahan bumbu marinasi dan bahan bumbu masakan atau makanan, karena bawang putih ini mempunyai berbagai manfaat lain. Salah satu manfaatnya seperti sebagai obat anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada tubuh kita.

6. Asam Jawa.
Asam jawa adalah jenis bahan bumbu yang mempunyai tingkat rasa asam yang tinggi. Perbedaannya dengan jeruk nipis dan jeruk lemon adalah jika jeruk nipis atau jeruk lemon tidak mampu untuk menghilangkan bau amis pada jenis ikan laut, maka gunakan saja asam jawa sebagai bahan bumbu marinasi untuk penghilang bau amis pada ikan laut. Karena tingkat keasaman dari asam jawa ini cukup tinggi, sehingga asam jawa banyak digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan laut. Caranya penggunaannya adalah dengan melarutkan asam jawa pakai air hangat, lalu melumurkannya pada ikan laut dan bau amis pada ikan laut pun hilang.

Beberapa resep masakan ini memakai asam jawa sebagai bahan bumbu marinasi:
Ayam Bakar Bumbu Rujak.
Sambal Pecel Kacang Sangrai.

7. Kunyit.
Salah satu jenis bahan rempah ringang ini memiliki manfaat untuk mengolah masakan daging kambing. Bahan bumbu kunyit ini sedikit memiliki aroma tajam, sehingga biasa digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Dan kunyit juga dapat membuat tekstur daging menjadi sedikit lebih empuk, dan kunyit juga dapat menambah aroma jika kunyit digunakan sebagai campuran bahan bumbu untuk masakan soto atau opor ayam.

Berikut ini beberapa resep masakan yang menggunakan bahan kunyit untuk bahan bumbu marinasi:
Opor Ayam Kuah Kuning.
Kari Daging Kambing.

8. Nanas.
Buah nanas juga merupakan salah satu jenis buah yang bisa di jadikan bahan bumbu marinasi. Penggunaannya sebagai pencencam daging dan sekaligus menjadi alternatif bahan bumbu marinasi yang dapat mengengempukan tekstur daging. Hal ini disebabkan karena kandungan Enzim Bromelin yang terdapat pada buah nanas merupakan enzim yang dapat menjadikan daging menjadi lebih empuk teksturnya. Caranya penggunaannya dengan memilih buah nanas yang setengah matang, lalu mengambil air perasan atau air sari dari buah nanas. Setelah itu, lumuri perasan air dari buah nanas pada daging yang akan di marinasi. Sesudah itu, diamkan daging selama kurang lebih 30 menit. Maka tekstur daging yang sudah di lumuri dengan air perasan buah nanas tersebut akan menjadi lebih lunak. Sehingga pada umumnya, buah nanas sering digunakan untuk merendam daging kambing atau daging sapi sebelum dimasak.

Beberapa resep masakan ini memakai buah nanas untuk bahan bumbu marinasi:
Cara membuat selai nanas agar tahan lama.
Kue Nastar Bentuk Ulat.

9. Cuka.
Cuka juga merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk bahan marinasi ikan. Dan biasanya cuka digunakan untuk memarinasi daging ikan yang akan langsung dimakan. Cuka banyak digunakan sebagai bahan marinasi ikan pada umumnya di negara jepang, yang pada umumnya penduduknya gemar memakan daging ikan mentah yang cukup dimarinaai dengan cuka sebelum daging ikan dimakan. Dan cuka merupakan tergolong kedalam bahan marinasi basah yang cukup kuat. Resep Sup Ikan Tenggiri Asam Pedas.

10. Minyak Zaitun dan Canola Oil.
Minyak zaitun dan canola oil adalah minyak yang termasuk kedalam bahan minyak yang bisa dijadikan sebagai bahan bumbu marinasi. Penggunaan minyak zaitun dan canola oil ini biasanya banyak digunakan untuk membalur daging ayam fillet, daging sapi fillet dan daging ikan fillet sebelum bahan daging fillet tersebut dimasak. Dan minyak zaitun dan conola oil juga banyak yang menggunakannya sebagai bahan bumbu marinasi, karena sifat kedua minyak tersebut kedalam bahan marinasi yang lembut dan tidak keras. Sambal Goreng Ikan Peda.

11. Salad Oil dan Minyak Kelapa Sawit.
Manfaat lain salad oil dan minyak kelapa sawit, selain bahan bumbu atau rempah, ada salah satu jenis minyak yang seringkali banyak digunakan juga sebagai bahan marinasi. Dan untuk beberapa jenis minyak yang dapat digunakan sebagai bahan marinasi tersebut adalah minyak zaitun dan salad oil. Selain sebagai bahan untuk marinasi, minyak juga dapat berfungsi untuk mempertahankan tekstur daging agar tetap lembut ketika dimasak, sehingga dapat memiliki hasil masakan dengan citarasa yang sedikit berbeda. Udang Goreng Tepung Crispy.

12. Daun Tumbuhan Herbs atau Mint.
Sebagian jenis tumbuhan herbs, seperti rosemary, thyme dan oregano pada umumnya sering digunakan untuk menjadi bahan memarinasi daging ayam atau daging sapi, maupun daging kambing. Karena jenis tumbuhan herbs ini dikenal memiliki aroma rasa yang khas, sehingga jenis tumbuhan herb ini dapat membuat olahan daging yang memiliki bau yang kuat menjadi beraroma khas herbs dan memiliki cita rasa yang khas herbs juga setelah masakan tersebut di olah hingga matang.
Contoh olahan minuman yang menggunakan bahan mint sebagai variasi sajian: Jus Mangga Susu.

Dari beberapa contoh bahan bahan marinasi tadi, Anda sudah bisa membedakan mana saja bahan bumbu marinasi yang cocok dan tepat untuk digunakan sebagai bahan bumbu marinasi untuk resep masakan Anda. Dan Anda juga bisa menggunakan bahan bumbu marinasi sesuai kebutuhan Anda, karena ditangan Anda lah semua bahan bumbu marinasi tersebut akan menjadi bahan bumbu yang dapat menjadikan rasa masakan hasil olahan Anda akan menjadi lebih enak dan lezat. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post