Resep Masakan Kari Daging Kambing

Kari Daging Kambing.

Kari Daging Kambing : Dikasih daging kambing sama tetangga sebelah, kemarin tetangga abis potong kambing buat ekahan anaknya yang baru lahir. Trus baru mau dimasak sekarang nih, enaknya dimasak apa ya daging kambing ini. Kebetulan udah lama juga sih gak masak kari daging kambing, kalo disate suami kurang demen makan nih daging kambing. Selain udah bosen, kalo makan sate kambing mesti ada sopnya katanya, karena kurang mantep kalo makan daging kambing yang gak ada kuahnya. Jadi, hari ini saya bikin kari daging kambing aja deh daging kambingnya. Kebetulan juga untuk semua bahan bumbu untuk membuat kari daging kambingnya sudah lengkap semua tersedia didapur sisa stok belanja bumbu untuk lebaran kemarin. Jadi, untuk Anda yang mau bikin masakan kari daging kambing, langsung dipraktekin aja yuk didapur masing-masing.

Kari Daging Kambing, resep kari daging kambing,

Resep Kari Daging Kambing.

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Kari Daging Kambing :
1. 1 kilo gram Daging Kambing Muda.
2. 2 liter Santan dari 1 butir kelapa parut.
3. 4 siung Bawang Putih, dimemarkan, lalu cincang halus.
4. 6 siung Bawang Merah, di iris tipis.
5. 2 batang Kayu Manis.
6. 2 buah Bunga Pekak atau Lawang.
7. 3 lembar Daun Jeruk.
8. 4 buah Cengkeh.
9. 6 buah Kapulaga.
10. 2 batang Serai.
11. 2 buah Kentang, dipotong-potong.
12. Garam secukupnya.
12. Gula Pasir secukupnya.
13. Minyak Goreng secukupnya untuk menumis bumbu.

Bahan bumbu yang digunakan untuk bumbu halus Kari Daging Kambing :
1. 8 buah Cabai Merah Keriting.
2. 6 buah Cabai Rawit.
3. 12 butir Bawang Merah.
4. 6 siung Bawang Putih.
5. 1 sendok makan Ketumbar, di sangrai.
6. 3 butir Kemiri, di sangrai.
7. 1/2 sendok teh Jintan.
8. 1/4 sendok teh Adas Manis.
9. 2 ruas jari Jahe.
10. 1,1/2 ruas jari Kunyit.

Cara memasak Kari Daging Kambing :

1. Pertama-tama, olah daging kambingnya terlebih dahulu. Bisa daging kambing direbus dalam keadaan tidak dicuci terlebih dahulu. Rebus daging kambing sampai mendidih, sambil dibuang kotoran dan busanya, atau direndam memakai parutan buah nanas muda.

2. Sesudah daging kambing direbus, kemudian, potong-potong kecil daging kambing, atau ukuran bisa sesuai selera Anda.

3. Haluskan bahan bumbu halus diatas sampai halus. Bisa juga dihaluskan memakai blender, tetapi disarankan untuk diulek saja.

4. Siapkan wajan dan beri minyak secukupnya. Lalu tumis bawang putih dan bawang merah, lalu aduk-aduk dan tumis hingga beraroma harum.

5. Setelah bumbu harum, masukkan bumbu kari daging kambing yang sudah dihaluskan tadi kedalam wajan. Lalu kemudian aduk-aduk merata, dan masak sampai tercium bau harum tumisan bumbunya.

6. Sesudah itu, masukkan kayu manis, bunga pekak, daun jeruk, cengkeh, kapulaga dan serai kedalam wajan. Lalu kemudian aduk-aduk kembali sampai tercampur merata dan masak sampai tercium bau harum khas tumisan kare.

7. Setelah bumbu kari matang, masukkan potongan daging kambingnya kedalam wajan. Lalu kemudian aduk-aduk bersama dengan bumbunya sampai tercampur rata, dan masak sampai bumbu kari meresap kedalam daging kambing. Masak dengan api sedang.

8. Selanjutnya, tuang santan kelapanya kedalam wajan bersama dengan kentang, garam dan gula pasir secukupnya. Lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata, dan masak sampai mendidih dan daging kari kambingnya empuk.

9. Koreksi Rasa. Masak dengan api kecil sedang, supaya daging kambingnya benar-benar menjadi empuk dan aromanya keluar. Masak sambil diaduk-aduk sampai rata, kemudian angkat dan sajikan kari daging kambing di mangkuk saji.

10. Kari daging kambing sudah siap untuk disantap sebagai menu lauk makan malam Anda bersama keluarga tercinta Anda.
Selamat mencoba memasak kari daging kambing dan selamat menikmati resep kari daging kambing hasil masakan Anda yang disukai keluarga Anda dirumah.

0 komentar