Resep Sambal Goreng Ikan Telang / Tenggiri

Sambal Goreng Ikan Telang.

Sambal Goreng Ikan Telang : Baru inget kalo aku punya stok ikan asin telang atau tenggiri di kulkas yang kemarin dibeli di tukang sayur. Kalo disini, ikan asin tenggiri ini disebutnya ikan asin telang. Agak-agak mirip sama ikan asin jambal roti sih. Untuk tekstur dagingnya tebal dan gurih. Biar praktis, dibikin sambal aja. Mau disimpan di toples kaca kecil, biar awet deh walaupun sambal goreng ikan telang ini disimpan sampai semingguan. Tapi yakin dah, gak sampe seminggu sambal goreng ikan telang ini paling juga udah abis. Cepet habisnya gara-gara dicocolin buat ngemil pake kerupuk, mau dijadiin temen makan tempe tahu goreng juha boleh. Yang lebih aziippnya lagi, sambal goreng ikan telang ini walaupun dimakan langsung sama nasi anget juga gak kalah mantap enaknya. Biar gak penasaran, cobain yuk bikin sambal goreng ikan telangnya didapur Anda masing-masing.

Sambal goreng ikan tenggiri, Resep Sambal Goreng Ikan Telang,

Resep Sambal Goreng Ikan Telang.

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Sambal Goreng Ikan Telang :
1. Segenggam atau Beberapa potong ikan asin telang (saya gak ditakar, kira-kira separuh telapak tangan saja).
2. 20 buah Cabai Rawit atau sesuai selera.
3. 4 buah Cabai Merah besar.
4. 5 butir Bawang Merah.
5. 3 siung Bawang Putih.
6. 1 sendok teh Terasi.
7. 1 buah Tomat.
8. Gula Pasir secukupnya.
9. Garam secukupnya.
10. Minyak Goreng secukupnya.

Cara membuat Sambal Goreng Ikan Telang :

1. Cuci bersih ikan asin telang, lalu rendam ikan asin telang dalam air panas yang diberi sedikit garam. Lalu diamkan ikan asin telang terendam air panas hingga selama 10 menit. Gunanya untuk mengurangi sedikit rasa asin pada ikan asin telang. Supaya kalau dimasak, rasanya jadi pas tidak terlalu asin. Lalu potong kecil-kecil ikan telang.

2. Siapkan ulekan, lalu ulek kasar semua bahan bumbu cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, terasi, tomat, gula pasir dan garam secukupnya. Bahan sambalnya di uleknya sampai setengah kasar aja ya bun..!

3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu goreng sambal sampai setengah matang. Jika sambal sudah setengah matang, masukkan ikan telang yang sudah di potong kecil-kecil kedalam wajan sambal, lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.

4. Masak sambal ikan telang hingga matang. Biasanya warna sambal goreng ikan telang akan menjadi lebih gelap dan pucat. Lalu angkat dan sambal goreng ikan telang sudah siap untuk disajikan. Kalau sambal goreng ikan telang nya mau dijadikan stok, simpan sambal goreng ikan telang dalam toples kaca kecil.

5. Sambal goreng ikan telang sudah siap untuk dinikmati sebagai sambal cocolan untuk menu makan dengan lauk Opor Ayam Kuah Kuning, atau dengan Kari Sapi Tanpa Santan akan menambah citarasa lezat menu makan Anda.

Selamat mencoba membuat sambal goreng ikan telang dan selamat menikmati sambal goreng ikan telang hasil buatan Anda yang disukai keluarga Anda.

0 komentar