/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Sambal Pecel Kacang Sangrai yang Enak & Tahan Lama

Iklan Billboard 970x250

Resep Sambal Pecel Kacang Sangrai yang Enak & Tahan Lama

Sambal Pecel.

Sambal Pecel : Kebetulan tadi beli banyak sayuran dan kacang tanah kupas dipasar, rencananya mau dibikin pecel. Jadi menu sayur untuk makan siang ini sayurnya pake pecel aja. Karena cara bikin sambal pecel ini gak ribet dan gak pake lama, setelah sambal pecel jadi, tinggal sedu dengan air panas secukupnya, pecel udah siap disantap deh. Kalo untuk bahan sayuran, saya biasanya tinggal direndam pake air panas udah cukup deh, soalnya kalo sayurannya direbus, nanti jadi terlalu lembek dan gak merasa ada gurih-gurih rasa sayurannya tuh... Trus kalo untuk sambel pecel yang kacang tanahnya disangrai, bisa awet berhari hari kalo disimpan diwadah kedap udara. Jadi kalo mau bikin sambel, tinggal seduh pake air panas, langsung jadi deh sambel pecelnya.

Sambal Pecel, resep sambal pecel, resep sambal pecel kacang sangrai, Sambal pecel tahan lama,

Resep Sambal Pecel.

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Sambal Pecel Kacang Sangrai :
1. 250 gram Kacang Tanah Kupas.
2. 4 siung Bawang Putih.
3. 2 buah Cabai Merah.
4. 5 buah Cabai Rawit.
5. 2 cm Kencur.
6.  3 lembar Daun Jeruk Purut, di iris halus.
7. 1 sendok teh Asam Jawa.
8.  1/2 sendok teh Terasi Goreng.
9. 25 gram Gula Merah, di sisir halus.
10. 2 sendok teh Garam.
11. Air secukupnya.

Cara membuat Sambal Pecel Kacang Sangrai :

1. Goreng sangrai (digoreng tanpa minyak) dahulu kacang tanah sampai matang, lalu angkat dan tiriskan. (Sambal pecel yang kacang tanahnya digoreng tanpa minyak bisa tahan lama jika disimpan didalam wadah kedap udara).

2. Bisa juga kacang tanah digoreng dengan minyak goreng sampai matang, lalu angkat dan tiriskan. Tapi cara tadi tergantung selera masing-masing ya bun...!

3. Siapkan ulekan, lalu haluskan bahan bumbu sambal seperti bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kencur, asam jawa, terasi goreng, gula merah dan garam, ulek sampai halus.

4. Setelah bahan sambal halus, masukkan kacang tanah kedalam ulekan. Lalu ulek kacang tanah sampai halus dan tercampur merata dengan bahan sambal halus. Lalu masukkan daun jeruk kedalam bahan sambal, lalu ulek merata.

5. Jika Anda ingin membuat sambal pecel sekali buat, Anda bisa langsung menambahkan air kedalam ulekan. Lalu ulek kembali sampai sambal pecel tercampur air dengan merata. Lalu angkat dan sambal pecel siap disajikan.

6. Tapi, jika Anda ingin membuat sambal pecel untuk beberapa kali membuatnya, Anda tinggal memadatkan sambal pecel. Lalu simpan sambal pecel di wadah kedap udara, sehingga jika Anda ingin membuat sambal pecel kapan saja, Anda tinggal menCampur sambal pecel dengan air matang panas secukupnya. Lalu aduk-aduk sambal pecel hingga tercampur merata dan sambal pecel siap untuk di hidangkan.

Selamat mencoba membuat resep sambal pecel dan selamat menikmati sambal pecel hasil buatan Anda, semoga semua keluarga Anda suka dengan sambal pecel buatan Anda.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post