Resep Sambal Terong Teri Balado

Sambal Terong Teri.

Sambal Terong Teri : Hai, hari ini saya hanya mau share resep sambal terong teri favorit keluarga. Untuk resep sambal terong teri balado ini mungkin semuanya udah pada mahir ya bikin sambel ini, tapi untuk resep sambal versi saya di beri kemiri, jadi gurih banget. Lalu saya kucurin dengan perasan air jeruk limau yang menjadikan aromanya bertanbah wangi dan seger. Serius deh, kalo di rumah saya, sambal terong ini gak hanya dimakan sama nasi, tapi juga sering di gadoin juga loh, bibir dower pun tetap aja gadoin ini, abisnya enaak sih. Untuk yang mau resep dan cara bikin sambal terong teri baladonya bisa disimak seperti yang sudah saya tulis dibawah ini ya...

Sambal Terong Teri, resep sambal terong teri balado,

Resep Sambal Terong Teri.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Sambal Terong Teri Balado :
1. 5 buah Terong Ungu.
2. 50 gram Teri medan.
3. 2 papan Pete kupas (optional).
4. 1 buah Jeruk Limau.
5. Gula Pasir secukupnya.
6. Garam secukupnya.
7. Minyak Goreng secukupnya.

Bahan bumbu sambal terong teri balado yang dihaluskan :
1. 1 sachet Terasi abc.
2. 15 buah Cabai Rawit.
3. 15 buah Cabai Keriting.
4. 5 buah Cabai Merah.
5. 2 buah Tomat.
6. 3 butir Kemiri.
7. 13 butir Bawang Merah.
8. 7 siung Bawang Putih.

Cara membuat Sambal Terong Teri Balado :

1. Cuci dahulu ikan teri sampai bersih, lalu tiriskan. Sesudah kering, goreng ikan teri sampai matang, lalu angkat dan tiriskan.

2. Cuci juga sampai bersih terong, lalu belah menjadi dua. Setelah itu, goreng terong sebentar aja, asal terong menjadi agak layu. Lalu angkat dan tiriskan.

3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah di haluskan sampai beraroma harum dan mengeluarkan minyak.

4. Setelah itu, masukkan pete, gula pasir dan garam secukupnya kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata dan masak sampai pete menjadi agak layu.

5. Koreksi rasa. Lalu matikan api, setelah itu, kucuri dengan perasan air jeruk limau. Lalu masukkan teri goreng kedalam wajan. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Lalu angkat dan siramkan sambal diatas terong, dan sambal terong teri siap disajikan.

6. Sambal terong teri balado sudah siap untuk disantap sebagai sambal pelengkap menu lauk Empal Sapi Gepuk Serundeng, atau dengan Opor Ayam Kuning sebagai lauk utama menu makan Anda.

Selamat mencoba memasak resep sambal terong teri balado dan selamat menikmati sambal terong teri balado hasil masakan Anda.

0 komentar