/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
9 Cara menyimpan Daging yang Baik & Benar di Kulkas/Freezer

Iklan Billboard 970x250

9 Cara menyimpan Daging yang Baik & Benar di Kulkas/Freezer

Cara Menyimpan Daging.

Cara Menyimpan Daging : Apakah Anda termasuk orang yang sedang kebingungan dan masih bertanya-tanya tentang, Cara menyimpan daging yang baik? Cara menyimpan daging yang benar? Cara menyimpan daging yang baik di kulkas? Cara menyimpan daging di kulkas? Cara menyimpan daging sapi di freezer? Cara menyimpan daging kurban di kulkas? Cara menyimpan daging kurban yang benar itu yang bagaimana sih!

Nah, pada pembahasan kali ini, saya akan berbagi tips cara menyimpan daging yang benar menurut hasil penelitian dan kajian dari salah satu fakultas peternakan yang cukup terkenal di bandung. Berikut ini 9 tips cara menyimpan daging dengan baik, yang dikutip dari hasil penelitian dan uji coba laboratorium menurut Kepala Laboratorium Fakultas Peternakan UGM.

Cara Menyimpan Daging, Cara Menyimpan Daging yang benar, Cara menyimpan daging yang benar di freezer,

Cara menyimpan Daging yang Baik #1
Pertama, kenali daging yang akan disimpan dengan baik. Ada baiknya kenali daging yang baik untuk di simpan dan di konsumsi. Karena secara umum, daging yang sehat berwarna merah segar, tidak berlendir, dan memiliki bau yang khas. Pada daging kurban pada umumnya, jika daging kurban sudah terdapat perubahan, maka daging kurban tidak layak untuk di konsumsi.

Cara menyimpan Daging yang Baik #2
Kedua, jangan mencuci daging yang akan disimpan. Karena bisa jadi kuman atau mikroba yang terdapat pada air akan masuk ke serat daging, lalu akan merusak tekstur dan kualitas daging. Daging boleh dicuci hanya ketika daging akan dimasak dan dikonsumsi.

Cara menyimpan Daging yang Baik #3
Ketiga, daging yang sudah dibumbui dengan bumbu 'marinasi' akan membuat daging menjadi awet. Karena bahan bumbu marinasi seperti kunyit, bawang dan garam merupakan beberapa contoh bahan bumbu marinasi yang bersifat Anti Bakteri.

Cara menyimpan Daging yang Baik #4
Keempat, simpan daging kedalam Plastik Food Grade. Setelah diketahui yang mana bagian daging yang baik, maka lakukan pemotongan daging terlebih dahulu sesuai ukuran yang akan di konsumsi masing-masing dan memisahkan setiap potongan daging dengan cara memasukkan setiap potongan daging kedalam plastik. Hal ini, dilakukan agar ketika ingin memasak daging, hanya mengambil beberapa potongan daging saja, sehingga tidak perlu lagi untuk mengeluarkan semua daging dari dalam freezer. Warna kantung plastik yang digunakan akan lebih baik jika menggunakan kantung plastik yang warnanya transparan, dan hindari dari penggunaan kantung plastik yang berwarna-warni.

Cara menyimpan Daging yang Baik #5
Kelima, masukkan daging secara bertahap. Maksudnya, memasukkan daging kedalam kulkas itu sangat di anjurkan. Namun untuk melakukan harus secara bertahap, yaitu dengan cara meletakkan daging di bagian bawah kulkas terlebih dahulu selama 10-12 jam. Lalu kemudian, setelah itu baru di pindahkan dagingnya kedalam freezer. Hal ini dilakukan tujuannya adalah untuk menghindari daging yang alot, akibat terkejut dengan suhu yang langsung dingin.

Cara menyimpan Daging yang Baik #6
Keenam, keluarkan daging secara bertahap. Maksudnya, mengeluarkan daging dari kulkas juga sama ada tahapannya, yaitu pindahkan daging dari freezer ke bagian bawah kulkas, lalu biarkan dahulu selama 10 jam. Setelah itu, baru keluarkan daging dari kulkas dan daging dapat di masak.

Cara menyimpan Daging yang Baik #7
Ketujuh, pisahkan daging dari jeroan. Biasanya, pada daging kurban yang di berikan atau dibagi-bagikan sudah dicampurkan antara daging murni, jeroan, kulit, tulang dan lainnya. Sehingga sangat perlu dilakukan pemisahan pada daging yang akan disimpan, karena daging jeroan lebih cepat rusak dari pada daging murni atau khas. Disarankan untuk menyimpan daging dengan tempat penyimpanan freezer yang berbeda.

Cara menyimpan Daging yang Baik #8
Kedelapan, simpan daging pada suhu yang tepat. Penjelasannya, daging kurban yang disimpan pada bagian bawah kulkas hanya dapat bertahan hingga 3 - 4 hari. Namun jika daging disimpan pada suhu yang semakin rendah, sekitar suhu 10 derjat Celcius hingga minus 12 derjat Celsius, maka daging dapat bertahan hingga selama 6 bulan dengan syarat tidak terjadi perubahan nutrien pada daging.

Cara menyimpan Daging yang Baik #9
Kesembilan, cuci dahulu sampai bersih daging yang sudah disimpan di kulkas/freezer. Jika daging sudah bersih dan setelah diperiksa kondisi dagingnya masih sangat baik, maka daging boleh dimasak dan di konsumsi.


Demikian penjelasan tentang 9 cara menyimpan daging yang baik di kulkas/freezer. Jika Anda dapat melakukan dalam mengolah daging dan menyimpannya dengan benar, maka qualitas daging yang Anda simpan dapat bertahan lama dan masih bisa dimasak dan di konsumsi tentunya. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda semua, sehingga Anda tidak akan pernah bertanya lagi tentang cara menyimpan daging yang baik di kulkas.

Share Artikel ini ke semua akun media sosial Anda, agar semakin banyak teman, kerabat atau saudara Anda yang tahu tentang Cara menyimpan daging yang baik & benar di kulkas/freezer.

Artikel terkait:
Cara menyimpan daging yang baik, Cara menyimpan daging yang benar, Cara menyimpan daging yang baik di kulkas, Cara menyimpan daging di kulkas, Cara menyimpan daging sapi di freezer, Cara menyimpan daging kurban, Cara menyimpan daging kurban di kulkas.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post