Resep Sambal Terasi Kukus

Sambal Kukus.

Sambal Kukus : Apakah Anda pecinta sambal? Apakah Anda termasuk penyuka sambal buatan sendiri? Ketika Anda makan masakan apapun jika tidak pakai sambal akan terrasa kurang lezat atau hambar... Jika iya, kalau gitu kita termasuk penyuka sambal dong! Hemm.... Untuk itu makannya saya hari ini akan berbagi resep sambal terasi kukus yang pasti rasanya bikin kalian ketagihan.

Cara membuat sambal terasi kukus sangat mudah, dan untuk bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal kukus ini cukup simpel. Dan untuk semua bahan yang digunakan untuk membuat sambal kukus ini saya yakin, pasti sudah tersedia didapur Anda. Nah, buat yang sudah gak sabaran kepengen bikin sambal kukus nya, langsung aja yuk kita buat sambal kukusnya seperti yang sudah saya tulis dibawah ini.

Sambal Kukus, Resep sambal kukus,

Resep Sambal Kukus.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Sambal Terasi Kukus :
1. 2 sendok teh Terasi Bakar.
2. 5 buah Cabai Rawit, boleh ditambah jika suka pedas.
3. 5 buah Cabai Merah.
4. 1 siung Bawang Putih.
5. 1 buah Tomat ukuran sedang.
6. Gula Pasir secukupnya.
7. Garam secukupnya.

Cara membuat Sambal Terasi Kukus :

1. Siapkan panci untuk mengukus, lalu kukus bahan sambal seperti cabai merah, bawang putih dan tomat. Kukus bahan sambal selama kurang lebih 5 menit, atau sampai bahan sambal lunak. Lalu angkat dan tiriskan.

2. Siapkan ulekan, lalu ulek bahan sambal yang sudah di kukus tadi dengan menggunakan cobek. Ulek bahan sambal kukus sampai halus.

3. Setelah bahan sambal kukus halus, tambahkan terasi, gula pasir dan garam secukupnya atau sesuai dengan selera anda. Lalu ulek halus atau di aduk-aduk, agar semua bahan sambal dapat tercampur dengan merata. Lalu angkat dan sajikan sambal kukus di mangkuk saji.

4. Sambal terasi kukus sudah siap untuk di hidangkan bersama lauk Konro Bakar, atau dengan lauk Pepes Ikan Mas, maupun dengan lauk Empal Daging Gepuk Serundeng sebagai lauk kesukaan untuk menu pelengkap makan keluarga anda.

NOTE: Sambal harus dikonsumsi sampai habis pada hari itu juga, karena sambal terasi kukus tidak seawet sambal terasi yang digoreng.

Selamat mencoba membuat sambal terasi kukus dan selamat menikmati sambal terasi kukus hasil buatan Anda yang disukai semua keluarga Anda.

0 komentar