/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Cara membuat Kue Lapis Surabaya Lembut dan Enak

Iklan Billboard 970x250

Resep Cara membuat Kue Lapis Surabaya Lembut dan Enak

Kue Lapis Surabaya.

Lapis Surabaya : Walaupun saya ini suka banyak malesnya bebikinan, tapi ternyata kangen juga ama baking. Kangen bikin brownies, kangen bikin schotel, kangen ngeroti dan bikin pizza, truuus kangen bikin banana cake juga pastinya...heuheuhe. Trus pas pulang kerumah, biasanya saya pasti donk buka-buka kulkas saya yang melompong. Eh, gak kosong juga sih karena saya masih punya stok butter dan keju disana. Trus di pojokan kulkas masih ada selai orange marmalade favorit saya. Entah ada angin apa, liat selai itu yang kebayang bukannya roti tawar dioles selai, tapi malah kebayang kue lapis surabaya lembut...heuheuheu. Memang udah lama bangeet saya gak bikin lapis surabaya atau lapsur atau spiku. Padahal kue lapis surabaya itu salah satu kue favorit suami saya. Maklum lah yaaa kalau gak sering bikin lapis surabaya, butter dan kuning telurnya yang seabreg itu lho, udah bikin jiper duluan. Tapi sekali-kali gak apa lah makan lapsur, ya kaaan!

Lapis Surabaya, Kue Lapis Surabaya, Resep kue lapis surabaya,

Untuk resep kue lapis surabaya ini, karena masih pemanasan, saya bikin pakai 10 telur aja atau 1/3 dari resep asli dan menggunakan loyang sekat 24 cm. Kalau gak punya loyang sekat, bisa juga pakai loyang brownies ya bun... Untuk membuat lapis surabaya full resep, silahkan membuat 3x dari resep berikut ya. Untuk membuat lapis surabaya ini saya menggunakan cara mengocok butter nya terlebih dahulu. Bisa juga sih dengan menggunakan metode spongecake, yaitu butternya di lelehkan dahulu, lalu baru kemudian dicampurkan dengan bahan lain yang sudah di kocok. Sama enaknya siih, kan juga sama-sama pakai kuning telur dan butter yang banyak, tapi menurut saya teksturnya lebih oke yang menggunakan butter kocok. Teksturnya lebih halus dan lembut.

Resep Kue Lapis Surabaya.

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat Kue Lapis Surabaya Lembut dan Enak :
1. 10 buah Kuning Telur.
2. 75 gram Gula Pasir.
3. 40 gram Tepung Terigu.
4. 5 gram Tepung Maizena.
5. 5 gram Susu Bubuk full cream.
6. 125 gram Butter.
7. 1 sendok makan Sunquick (bisa juga pakai 1 sendok makan Nutrisari yang dicampurkan dengan 1 sendok makan air).
8. 1 sendok teh Parutan Kulit Jeruk (boleh di skip, kalo gak ada).
9. 1 sendok makan Susu Kental Manis.
10. 1/2 sendok teh Vanilla.
11. 1 sendok teh Essens jeruk (optional).
12. 1 sendok teh Coklat bubuk, di larutkan dengan air panas hingga berbentuk pasta.

Filling:
Selai Jeruk atau Butter Cream.

Cara membuat Kue Lapis Surabaya Lembut dan Enak :

1. Siapkan loyang (saya pakai loyang sekat 24x24 cm), lalu olesi dengan margarin. Lalu alasi dengan kertas roti dan lalu olesi dengan margarin kembali. Setelah selesai sisihkan.

2. Kocok butter hingga lembut, lalu masukkan sunquick dan susu kental manis. Lalu kocok kembali hingga tercampur merata. Lalu tambahkan kulit jeruk, lalu aduk kembali sampai merata dan sisihkan.

3. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang dan adonan menjadi kental. Lalu masukkan vanilla kedalam adonan, lalu kocok kembali hingga tercampur merata.

4. Setelah itu, masukkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk kedalam adonan dengan cara diayak. Lalu aduk-aduk kembali hingga tercampur merata memakai spatula atau kocok dengan mixer speed rendah.

5. Sesudah itu, tuang adonan sedikit demi sedikit kedalam adonan butter yang sudah dikocok tadi sambil terus diaduk perlahan. Lalu masukkan essens jeruk kedalam adonan dan terus aduk hingga tercampur merata dan adonan kue lapis surabaya jadi.

6. Selanjutnya, bagi adonan menjadi 3 bagian. Untuk yang 1 bagian ditambahkan coklat bubuk yang sudah berbentuk pasta. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.

7. Tuang masing-masing adonan kedalam loyang, lalu hentakkan loyang perlahan untuk membuang udara dalam adonan.

8. Sesudah itu, panggang adonan kue lapi dengan suhu 180'C selama kurang lebih 20 menit atau hingga adonan kue lapis matang.

9. Angkat, lalu keluarkan kue lapis dari loyang dan dinginkan dahulu kue lapis. Sesudah kue lapis dingin, baru diberi filling dan disusun.

Alhamdulillah... Kesampaian juga kan makan kue lapis surabayanya. Karena bikinnya niat banget, tapi pas makan baru sepotong, berasa udah cukup banget buat saya. Happy baking... Bunda-sista.

Silahkan 'SHARE' Resep kue lapis surabaya lembut dan enak ini ke akun media sosial Anda, agar saudara, teman atau kerabat Anda tahu resep dan cara membuat kue lapis surabaya lembut dan enak dari web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan semoga bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk membuat kue lapis surabaya lembut dan enak serta ekonomis.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post