Resep Cara membuat Kue Sagu Keju Renyah

Kue Sagu Keju.

Kue Sagu Keju : Masih adakah yang bikin cookies buat ngisi toples Lebaran? Atau malah udah banyak yang mudik karna anak-anak sudah libur sekolah? Mungkin kalau yang masih punya stok bahan cookies, bisa dicoba bikin kue sagu keju aka sake seperti yang saya buat ini. Resep kue sagu keju yang ini beda dengan resep kue sagu keju yang duluuuu..banget pernah saya posting ya, mungkin bisa jadi alternatif resep sake. Enak yang mana bund? Kalau untuk saya yang memang penggemar sake, jawabannya ya enak semua...hehehe. Walaupun bikin sake tuh menurut saya memang perjuangan banget ya waktu nyetaknya, Beraaat kan nyepuitnya, jadi memang harus sabar. Dulu saya pernah juga nyobain resep yang konon nyetaknya gak perlu pakai otot, tapi menurut saya hasilnya lebih enak yang adonannya berat waktu dicetak hehehe. Jadinya gak pernah nyobain lagi deh dan akhirnya rela deh olahraga waktu nyepuitnya...hehehee.

Kue Sagu Keju, Resep kue sagu keju,

Resep kue sagu keju yang saya pakai ini adalah resep dari multi talented momy ci Tintin Rayner. Bahannya mirip-mirip sih dengan yang pernah saya posting dulu dan hasilnya juga enak. Pokoknya untuk penggemar sake harus nyobain deh. Untuk variasi, saya juga bikin yang versi pandan, tapi hasilnya pucat gak cantik...huhuhu. Sudah siap kan untuk membuat kue sagu keju nya?

Resep Kue Sagu Keju.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kue Sagu Keju :
1. 200 gram Tepung Sagu.
2. 1 buah Kuning Telur.
3. 70 gram Gula Pasir halus.
4. 70 gram Butter.
5. 30 gram Margarin.
6. 80 gram Keju Parut.
7. 30 ml Santan Kental instan.

Bahan Taburan Kue Sagu Keju:
1. Keju Cheddar parut secukupnya.

Cara membuat Kue Sagu Keju :

1. Sangrai dahulu tepung sagu bersama 1 helai daun pandan hingga teksturnya terasa ringan. Lalu angkat dan dinginkan.

2. Kocok dengan menggunakan mixer, butter, margarin dan gula pasir. Cukup kocok hingga adonan asal tercampur merata saja, sekitar 1-2 menit.

3. Sesudah itu, masukkan telur kedalam adonan. Lalu kocok kembali sampai tercampir merata, kemudian masukkan santan instan. Lalu kocok kembali hingga merata dan matikan mixer.

4. Masukkan parutan keju kedalam adonan. Lalu aduk-aduk sampai merata memakai spatula atau sendok kayu. Kemudian masukkan tepung sagu kedalam adonan. Lalu aduk-aduk kembali hingga merata.

5. Selanjutnya, masukkan adonan kie sagu keju kedalam piping bag yang sudah diberi spuit. Kemudian cetak adonan kue sagu keju di loyang yang dialasi silpat atau dioles tipis margarin.

6. Sesudah itu, taburi adonan kue sagu keju dengan keju parut secukupnya. Kemudian panggang adonan kue sagu keju kedalam oven dengan suhu 140-150'C hingga matang. Oven saya sekitar 30 menit ya, jadi tergantung oven masing-masing juga ya.

7. Angkat dan dinginkan kue sagu keju di atas cooling rack sebelum kue sagu keju dimasukkan kedalam toples kedap udara.

Baca juga:
Resep Kue Dorayaki.
Resep Lempeng Pisang.
Resep Bolu Kukus Sprite.
Resep Brownies Coklat Kukus.

Pernah ada beberapa teman yang menanyakan bahan-bahan apa yang saya gunakan untuk membuat kue sagu keju versi saya, kalau saya memakai tepung sagu merk Alini, butter Anchor dan margarin-nya Blueband. Bukan promosi ya, cuma sekedar sharing aja. Tentunya bisa banget kalau memakai merk lain, yang pasti untuk bikin cookies, gunakan bahan berkualitas biar hasilnya enaaak. Sayang banget kan kalau hasilnya kurang enak, padahal bikin cookies tuh capek dan waktunya lamaaa...heheehe.

Terus, untuk keju parut di adonan, bisa memakai keju edam atau keju parmesan ya, kalau saya kemarin pakai cheddar saja, karena pas gak ada keju edam atau keju parmesan. (Baca: 14 Jenis Keju dan Kegunaannya).

Selamat mencoba membuat kue sagu keju dan selamat menikmati kue sagu keju hasil buatan Anda ya.... Semoga resep kue sagu keju di web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Kue Sagu Keju.

0 komentar