Resep Cara membuat Lempeng Pisang Banjarmasin jtt

Lempeng Pisang.

Lempeng Pisang : Pas kemarin saya ke pasar dan di pinggir jalan berjajar kios-kios penjual pisang. Biasanya kalau lagi ke pasar, saya sering mampir untuk beli pisang. Maklum anak-anak suka sekali dengan pisang ambon. Biasanya 1 sisir sehari aja ludes tuh..hehehe. Makanya sekarang ini saya jarang banget bikin kue bolu pisang, lha gimana sebelum pisangnya benar-benar kematangan, udah ludes duluan. Begitu juga halnya dengan kemarin, saya mampir ke salah 1 kios untuk beli pisang ambon. Alhamdulillah, dapat bonus juga 3 buah pisang ambon matang dari ibu penjualnya. Tapi kali ini saya gak bikin kue bolu pisang, saya mau bikin yang lebih simpel aja, yaitu lempeng pisang banjarmasin.

Lempeng Pisang, Lempeng Pisang banjarmasin, Resep lempeng pisang,

Lempeng pisang adalah salah 1 makanan jajanan tradisional yang berasal dari Banjarmasin. Kalau menurut saya bahasa kerennya adalah pancake pisang Borneo ya...hehehe. Dan cara untuk membuat lempeng pisang ini cukup mudah dan dengan bahan-bahan yang sederhana. Sebenarnya adonan dari lempeng pisang ini mirip kok dengan adonan pisang goreng biasa, hanya saja menggunakan santan dan juga kelapa parut. Kebayang kan gimana gurihnya. Lempeng pisang ini bisa dinikmati dengan aneka topping lho. Bisa memakai gula halus, aneka saus, madu, susu kental manis, kayu manis bubuk, keju atau bahkan cukup dengan olesan mentega saja. Walapun dimakan tanpa topping juga, lempeng pisang ini sudah enak kok. Untuk membuat lempeng pisang yang enak, gunakan pisang yang manis dan sudah matang ya bun.... Saya suka menggunakan pisang ambon, karena rasanya yang sudah manis, bisa juga menggunakan pisang kepok atau pisan raja ya bun. Sebenarnya untuk membuat lempeng pisang ini tidak ada takaran khusus kok, tinggal cemplang cemplung juga jadi, yaaa...seperti kita bikin pisang goreng tuh. Berikut ini resep lempeng pisang banjarmasin yang saya pakai kemarin.

Resep Lempeng Pisang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Lempeng Pisang Banjarmasin :
1. 6 buah Pisang matang, dipotong kecil-kecil (saya pakai pisang ambon).
2. 2 sachet (@65 ml) Santan instan.
3. 1 butir Telur ukuran besar.
4. 5 sendok makan Gula Pasir atau sesuai selera.
5. 1/2 buah Kelapa, di parut.
6. Sejumput Garam.
7. 6 sendok makan Tepung Terigu atau disesuaikan kekentalannya ya.
8. Margarin secukupnya.

Cara membuat Lempeng Pisang Banjarmasin :

1. Siapkan wadah, lalu campurkan potongan pisang dengan kelapa parut, gula pasir, garam, santan instan dan telur kedalam wadah. Lalu aduk-aduk adonan hingga tercampur rata.

2. Setelah itu, tambahkan tepung terigu kedalamnya sambil diaduk terus hingga kekentalannya sudah pas. Kalau adonan lempeng pisang kurang kental, bisa ditambahkan sedikit.

3. Panaskan wajan anti lengket diatas kompor, lalu olesi wajan dengan margarin. Lalu tuang adonan kedalam wajan. Lalu masak hingga kedua sisinya matang dan berwarna kecoklatan atau matang.

4. Angkat lempeng pisang, lalu beri topping sesuai selera dan hidangkan lempeng pisang selagi hangat.


Belum pernah bikin lempeng pisang banjarmasin? Cobain yuuuk....anak-anak biasanya kan suka kalau yang ada toppingnya seperti ini, dan biarkan mereka berkreasi dengan topping favorit.

Selamat mencoba membuat lempeng pisang banjarmasin dan selamat menikmati lempeng pisang hasil buatan Anda. Semoga resep lempeng pisang banjarmasin jtt di web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Lempeng Pisang Banjarmasin.

0 komentar