Resep Overnight Soft Bun Tintin Rayner

Overnight Soft Bun Tintin Rayner.

Overnight Soft Bun : Hai... Sahabat web Resep Masakan Kuliner, apakah kalian lagi pada long weekend? Sedang menikmati liburan bersama keluarga? Alhamdulillah saya dan keluarga gak ada acara liburan di luar kota alias di rumah saja, jadi gak ikut kena macet...heuheuheu. Paling keluar untuk makan aja dan beli buku serta printilan buat anak-anak. Itu udah bikin mereka senang...heheehe. Kalau di rumah aja dan pengen baking, boleh donk dicoba resep yang satu ini. Overnight soft bun ini dipopulerkan di IG oleh momy cantik yang jago banget bakingnya Tintin Rayner. Saya sudah lama penasaran pengen nyobain, dan baru kesampaian kemarin. Pertama kali bikin, belum puas dengan hasilnya, karena menurut saya seratnya kurang panjang. Next time harus bikin lagi, karena berarti ada yang kurang bener nih di saya, bukan dari resepnya lho yaa. Jangan nyalahin resep ya kalau hasil yang kita buat tidak sama dengan aslinya, karena beda tangan pasti beda hasil atuh, walaupun resepnya sama...hehehe.

Overnight soft bun, Overnight Soft Bun Tintin Rayner, resep Overnight Soft Bun Tintin Rayner,

Overnight soft bun ini adalah roti yang dibuat dengan metode sponge and dough. Mirip dengan metode thangzong, resep roti ini memakai adonan biang. Bedanya adalah adonan biang di istirahatkan lebih lama, yaitu disimpan di kulkas selama kurang lebih 16 jam. Sehingga kelebihan dari roti yang menggunakan metode ini adalah hasil rotinya lebih empuk, rasa lebih gurih dan umur roti diyakini bisa lebih lama, alias gak gampang berjamur. Konon dari teman-teman yang mencoba, roti yang berumur 5 hari masih empuk. Roti saya cukup 2 hari saja, karena sudah ludes...heheehe. Beneran tetap empuk, asalkan disimpan di wadah tertutup ya. Roti yang menggunakan metode ini juga diyakini lebih gurih, karena proses peragian yang lambat dari biangnya. Roti ini juga gak bakal overproofing, karena takaran biang sudah disesuaikan dengan perbandingnya ragi an tepung. Adonan roti akan mengembang perlahan, apalagi adonan biang yang masuk kulkas, raginya akan bekerja lambat banget. Adonan ini bisa dibuat 1 atau 2 kali proofing. Kalau dibuat dengan 2x proofing maka hasilnya akan lebih bagus.
Naaah....kebetulan pas saya kemarin bikin roti lagi gak ada waktu untuk 2x proofing, jadi hanya sekali aja deh proofingnya. In sya Allah mau bikin juga yang 2x proofing aaah.... Karena roti hasil buatan saya kemarin ini agak-agak eksotis, kalau gak mau dibilang gosyoong...hahaha. Maklum lagi baking roti malah ditinggal keluyuran ngurus ini itu, jadinya ya gini ini deh, agak eksotiiiis. Gak apa-apa yang penting hasilnya enaaak.

Resep Overnight Soft Bun.

Bahan Adonan Biang Overnight :
1. 150 gram Tepung Terigu protein tinggi.
2. 150 ml Air Hangat yang dicampur dan diaduk rata dengan 1 sendok teh ragi instan.
(aduk rata semua bahan memakai sendok, lalu tutup cling wrap dan simpan di kulkas selama 16 jam).

Bahan Roti Overnight Soft Bun:
1. 250 gram Tepung Terigu protein tinggi.
2. 100 gram Tepung Terigu protein sedang.
3. 8 gram Ragi instan.
4. 80 gram Gula Pasir.
5. 1 butir Telur utuh.
6. 1 kuning Telur.
7. 40-50 ml Susu Cair.
8. 80 gram Butter.
9. 1/2 sendok teh Garam.

Bahan Olesan Overnight Soft Bun:
1. 1 butir Telur.
2. 2 sendok makan Susu Cair.

Cara membuat Overnight Soft Bun :

1. Dalam bowl, campur tepung terigu, gula pasir dan ragi. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.

2. Masukkan susu cair dan telur kedalam adonan. Untuk susu cair dituangnya sedikit demi sedikit aja ya, sambil terus diaduk merata.

3. Setelah itu, masukkan adonan biang kedalam adonan. Lalu uleni adonan atau mixer adonan hingga menjadi kalis.

4. Masukkan butter dan garam kedalam adonan. Lalu uleni atau mixer kembali hingga adonan menjadi kalis dan elastis.

5. Lalu bulatkan adonan dan diamkan adonan kurang lebih selama 30 menit.

6. Setelah itu, kempiskan adonan roti. Lalu bentuk adonan dan beri bahan isian sesuai selera. Lalu letakkan adonan roti didalam loyang. Lalu diamkan kembali adonan roti hingga mengembang 2x lipat.

7. Sesudah itu, olesi adonan roti dengan bahan olesan. Lalu panggang adonan roti dengan suhu 180'C hingga roti matang. Waktu pemanggangan tergantung dengan oven masing-masing ya, dan juga ukuran roti. Karena apabila roti dibentuk kecil-kecil, tentunya roti akan lebih cepat matang.

8. Angkat, dan selagi roti masih panas-panas olesi roti dengan butter dan roti siap untuk dihidangkan.


Untuk bikin roti overnight soft bun ini memang agak lama ya, karena adonan biang kan di istirahatkan cukup lama, tapi bukan berarti cara bikinnya ribet. Kan bikin adonan biangnya juga gampang banget. Hasil roti overnight soft bun ini sepadan kok dengan waktu pembuatannya. Resep overnight soft bun ini recomended banget deh pokoknya.

Selamat mencoba membuat overnight soft bun dan selamat menikmati roti overnight soft bun buatan Anda. Semoga resep overnight soft bun di web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi Anda yang akan membuat roti Overnight Soft Bun.

0 komentar