Resep Cara membuat Sup Iga Sapi Bakar

Sup Iga Bakar.

Sup Iga Bakar : Sepertinya akhir-akhir ini aktivitas blogging saya memang sangat berkurang, semakin lama bukannya semakin rajin, tapi kok ya bertambah malas hiiiiks. Mungkin ada juga jenuh dan semakin bertambahnya kesibukan membuat saya semakin sulit meluangkan waktu sebentar untuk duduk manis di depan laptop. Tapi In sya Allah akan aelalu di usahakan untuk tetap ngeblog walau kadang telaaat banget nulisnya..hihihi. Seperti halnya sup iga bakar ini, resepnya sudah saya saya tulis beberapa waktu yang lalu, dan sekarang baru sempat di share di blog. Gak apa-apa yaaa, kan kebetulan masih dalam rangka Idul Adha, sapa tau ada yang masih punya stok iga sapi hasil qurban kemarin. Sssttt...saya masih punya tuh dan freezer juga masih penuh daging. Masih belum mau masak daging dulu saya mah, pengennya masak sayur bening aja..heuheuheu.

Sup Iga Bakar, Sup iga sapi bakar, Resep Sup Iga Bakar,

Sup iga sapi bakar ini selalu mejadi sup favorit keluarga saya, terutama kedua anak saya. Selain sup iga, mereka juga hobby banget makan sup buntut yang resepnya sudah pernah saya posting sebelumnya. Tapi untuk kali ini saya bikin sup iga sapi bakar. Cara bikinnya mirip sih dengan sup iga biasa, cuma nanti setelah matang, iganya di tiriskan dan di bakar lagi. Rasanya?? Enaaak donk...Sup iga sapi bakar ini terinspirasi dari postingannya ceu Ayu yang saya lihat di IG. Ayu bikinnya pakai buntut, sedangkan saya bikinnya pakai iga sapi. Jadi, langsung aja cuusss kedapur untuk bikin sup iga sapi bakar nya.

Resep Sup Iga Bakar.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Sup Iga Sapi Bakar :
1. 1 kilo gram Iga Sapi, di potong-potong.
2. 3 buah Wortel, yang 2 di iris.
3. 2 buah Kentang, yang 1 di potong-potong.
4. 1 buah Pala, di memarkan.
5. 5 siung Bawang Putih, di memarkan.
6. 1 buah Bawang Bombay, di potong-potong besar.
7. 7 butir Cengkeh.
8. 3 cm Jahe, di memarkan.
9. 1 ikat kecil Daun Seledri.
10. 2 batang Daun Bawang.
11. 2 buah Tomat, di potong-potong.
12. 1/2 sendok teh Merica butiran, dimemarkan kasar.

Bahan bumbu olesan Iga Sapi Bakar:
1. 2 sendok makan Butter, pada suhu ruang.
2. 2 siung Bawang Putih, di parut.
3. 1/2 buah Bawang Bombay, di iris tipis.
4. 4 sendok makan Kecap Manis.
5. 2 sendok makan Saus Tiram.
6. 1/2 sendok teh Lada Hitam bubuk.
(Semua bahan di campurkan dan di aduk rata kedalam mangkuk).

Cara membuat Sup Iga Sapi Bakar :

1. Rebus iga sapi hingga setengah empuk, biasanya rebusan pertama saya buang airnya atau disisihkan untuk dijadikan kaldu. Kemudian dilanjutkan merebus iga sapi memakai panci presto.

2. Dalam panci presto, masukkan iga sapi beserta sisa air kaldu atau air mendidih, bawang putih, bawang bombay, cengkeh, jahe, pala, merica, 1 wortel utuh dan 1 kentang utuh. Saya presto selama 25 menit, lalu matikan api kompor dan biarkan dahulu presto menjadi dingin.

3. Setelah panci presto dingin dan bisa dibuka, saring, ambil kuah kaldu dan iga sapinya.

4. Kemudian masak kembali memakai panci, lalu masukkan potongan wortel dan kentang. Lalu bumbui dengan garam dan gula pasir secukupnya. Masak hingga wortel empuk.

5. Menjelang di angkat, masukkan seledri, daun bawang dan potongan tomat. Lalu matikan api kompor.

6. Ambil iga sapi nya, lalu olesi dengan bumbu. Lalu bakar dengan alat panggang, atau bisa juga tata iga sapi dalam loyang dan panggang iga sapi dengan suhu 70'C selama kurang lebih 30 menit atau hingga bumbu meresap. Sesekali bolak balikkan iga sapi sambil di olesi bumbu lagi iga sapinya.

7. Angkat iga sapi, lalu sajikan dengan kuah sup iga sapi bakar untuk disantap bersama keluarga tercinta Anda.


Notes:
1. Air rebusan iga sapi yang pertama kadang sayang untuk dibuang, karena full kaldu ya. Apabila mau digunakan, saring airnya, lalu diamkan semalaman. Keesokan harinya, ambil lemak-lemaknya dan panaskan kembali. Siap digunakan untuk kaldu.
2. Apabila tidak menggunakan presto, rebus iga sapi hingga setengah empuk. Lalu ganti airnya dan rebus kembali bersama bumbu-bumbu hingga empuk, lalu baru kemudian disaring seperti langkah di atas.

Karena saya masih punya stok iga sapi dan daging di freezer, kayanya entar postingan selanjutnya masih ada lagi tentang iga deh...hihihi. Kebayang asem-asem iga, garang asem iga atau iga penyet. Hmmm...enak semua deh kayanya, tapi masaknya entar-entar aja lah, kan lagi pengen sayur bening gara-gara mblenger sama daging...hahaha.

Selamat mencoba membuat sup iga sapi bakar dan selamat menikmati sup iga sapi bakar hasil buatan Anda. Semoga semua keluarga Anda suka dengan masakan sup iga sapi bakar hasil buatan Anda.

Silahkan 'SHARE' Resep sup iga sapi bakar ini ke akun media sosial Anda, agar teman, sahabat atau saudara Anda tahu resep dan cara membuat sup iga sapi bakar di web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat bagi banyak orang.

0 komentar