/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Ayam Bakar Bumbu Bacem Manis Gurih Legit

Iklan Billboard 970x250

Resep Ayam Bakar Bumbu Bacem Manis Gurih Legit

Ayam Bakar Bumbu Bacem.

Ayam Bakar Bumbu Bacem : Hai, hari ini saya bikin ayam bakar lagi untuk menu makan siang keluarga, dan kali ini saya bikin ayam bakar bumbu bacem atau ada juga yang bilang ayam bakar bumbu jawa. Dinamakan ayam bakar bumbu bacem karena memang memakai bumbu-bumbu seperti kita membuat tahu atau tempe bacem. Rasanya manis gurih, legit...enaak deh pokoknya. Paling cocok disajikan dengan nasi hangat, lalapan dan sambel super pedas. Kalau berencana membuat ayam bakar bumbu bacem ini, jangan lupa untuk belanja tahu dan tempe juga. Kan bisa sekalian tuh ngungkepnya, jadi kita gak hanya punya ayam bakar, tapi ada juga tahu tempe bacem. Naaah tahu tempe bacem ini bisa disimpan di kulkas dan tinggal menggoreng sesaat sebelum dimakan. Tuuh...enak banget kan.

Ayam Bakar Bumbu Bacem, Resep ayam bakar bumbu bacem,

Resep ayam bakar bumbu bacem ini tidak hanya enak dibakar, tapi sedap juga kalau digoreng. Saya sendiri lebih suka versi yang dibakar, karena mengurangi minyak, maklum jatah minyaknya udah diplot buat gorengan yang susah banget berhentinya..huhuhu. Proses membakar atau menggoreng ayam ini juga gak perlu lama-lama, karena ayamnya sudah matang dan empuk, karena memang diungkep terlebih dahulu. Untuk membuat ayam bakar ini memang lebih enak menggunakan ayam kampung, karena selain lebih gurih, juga lemaknya sedikit. Kalau memakai ayam negeri juga oke kok, saya juga sering bikin pakai ayam negeri.

Untuk membuat ayam bakar bumbu bacem memang lebih sip kalau memakai air kelapa. Saya sih biasanya minta di tukang sayur langganan..hehehe. Kalau cuma punya air kelapa sedikit bisa dimix air biasa. Gak punya air kelapa? Ya wiiis pakai air biasa juga gak apa-apa kok. Biasanya ayam sudah saya ungkep pagi-pagi sebelum berangkat, ntar kalau pulang siang, saya langsung bakar ayamnya sekalian bikin sambel. Pokoknya dibuat mendadak aja biar syedaap. Makanya kalau posting ayam bakar begini, foto saya sih gak pernah beres ya. Karena ya memang sudah ditunggu keluarga yang siap untuk makan siang..hehehe. Pinjem bentar aja yaaa, jadi ya gitu-gitu aja styling poto ayam bakar bumbu bacemnya.

Resep Ayam Bakar Bumbu Bacem.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Ayam Bakar Bumbu Bacem :
1. 1 ekor Ayam Kampung (saya pakai berat 850 gram).
2. 1 liter Air Kelapa atau air biasa.
3. 2 helai Daun Salam.
4. 2 cm Lengkuas, di memarkan.
5. 75-100 gram Gula Merah, di sisir halus.
6. 1 sendok teh Asam Jawa, di larutkan dengan sedikit air.
7. Garam secukupnya.

Bahan bumbu halus Ayam Bakar Bumbu Bacem:
1. 7 butir Bawang Merah.
2. 5 siung Bawang Putih.
3. 2 sendok teh Ketumbar.

Bahan tambahan Ayam Bakar Bumbu Bacem:
1. Daun Selada.
2. Mentimun.
3. Tomat.
4. Kacang Panjang.
5. Sambal Favorit.

Cara membuat Ayam Bakar Bumbu Bacem :

1. Belah ayam tidak terputus atau bisa juga dipotong-potong sesuai selera, lalu letakkan ayam didalam wajan.

2. Lalu masukkan bahan bumbu halus, daun salam dan lengkuas kedalam wajan. Lalu kemudian tuang air kelapa kedalam wajan. Lalu masak dengan api sedang.

3. Setelah mendidih, masukkan gula merah, air asam jawa dan garam kedalam wajan. Lalu aduk merata dan masak hingga meresap, ayam empuk dan air habis atau menyusut. Lalu matikan api. Lalu angkat dan tiriskan.

4. Selanjutnya, bakar ayam hingga warnanya menjadi kecoklatan. Lalu angkat dan segera sajikan ayam bakar bumbu bacem dengan sambal dan lalapan kesukaan Anda.

Baca juga:
Ayam bakar bumbu bacem ini cara bikinnya gampang banget kaaan. Saya sihh paling hobby masak yang diungkep-ungkep gini, karena bisa disambi ngerjain yang lain..hehehe. Selama ngungkep bisa masak sayurnya atau bahkan ditinggal beberes rumah..heuheuheu.

Selamat mencoba membuat ayam bakar bumbu bacem dan selamat menikmati ayam bakar bumbu bacem hasil buatan Anda. Semoga resep ayam bakar bumbu bacem manis gurih legit di web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan memasak Ayam Bakar Bumbu Bacem.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post