/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Cara membuat Ayam Kremes mbok Berek

Iklan Billboard 970x250

Resep Cara membuat Ayam Kremes mbok Berek

Ayam Kremes mbok Berek.

Ayam Kremes : Disini yang hobby makan ayam kremes, siapa hayooo? Kalau ada yang nanya gitu saya pasti deh langsung angkat tangan, apalagi anak bungsu saya...waaah pasti deh langsung maju ke depan dan bilang saya...hahaha. Adek memang hobby banget maka ayam kremes, makanya menu yang 1 ini lumayan sering saya buat. Kalau saya masak ayam kremes, bisa dipastikan setelah pulang sekolah dia makannya bisa nambah 2-3x..hehehe. Kalau udah gitu yang masak pastinya bahagia banget kan. Walaupun kremesan buatan saya memang belum bisa secantik yang dijual di resto-resto itu, entahlah mungkin saya aja yang males latian dan update resep kali ya. Jadi hasilnya ya gini-gini aja. Mungkin juga karena saya udah keenakan, karena selalu laris manis dan ludes jadinya ya biarin aja deeeh hasilnya belum ada kemajuan..hehehe.

Ayam Kremes mbok berek, Resep ayam kremes,

Resep ayam kremes ini mirip-mirip kok dengan resep ayam kremes yang sudah pernah saya share jaman dahulu kala. Kalau saya sih intinya ayam diungkep, kemudian kuah ungkepan ayam tersebut ditambahkan dengan tepung tapioka dan tepung beras, kemudian dibuat kremes. Kalau lagi punya santan, saya membuat kremesan yang memakai santan. Cara bikin kremesan sebenarnya tidak sulit, tapi mungkin masih ada yang belum tau, sehingga waktu bikin hasilnya malah seperti peyek. Ketika menuang adonan ke wajan yang sudah panas, pastikan kita menuang dari jarak yang cukup tinggi. Dituang perlahan sedikit demi sedikit, sehingga adonan akan menyebar ke seluruh permukaan wajan. Jadi memang caranya berbeda ya dengan kita menuang adonan peyek. Pastikan juga adonan kremesan tidak diaduk-aduk sebelum membentuk kremesan. In sya Allah nanti bisa jadi kremesannya seperti yang di resto-resto ya.

Resep Ayam Kremes mbok Berek.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Ayam Kremes :
1. 1 ekor Ayam ukuran sedang (saya pakai ayam kampung).
2. 1 batang Serai, di memarkan.
3. 3 helai Daun Salam.
4. 1 ruas jari Lengkuas, di memarkan.
5. 700 ml Air.
6. Garam secukupnya.
7. Gula Pasir secukupnya.
8. Minyak Goreng secukupnya.

Bumbu Halus Ayam Kremes:
1. 7 siung Bawang Putih.
2. 5 butir Bawang Merah.
3. 3 butir Kemiri, di sangrai.
4. 1 sendok makan Ketumbar, di sangrai.
5. 1 ruas jari Jahe.
6. 1 ruas kmjari Kunyit, di bakar.

Bahan untuk membuat Kremesan:
1. 600 ml Air Kaldu sisa ungkepan Ayam.
2. 6 sendok makan Tepung Tapioka.
3. 2 sendok makan Tepung Beras.

Cara membuat Ayam Kremes mbok Berek :

1. Dalam wajan, masukkan potongan daging ayam, beserta air, bumbu halus ayam kremes, daun salam, serai, lengkuas, garam dan gula pasir secukupnya. Lalu aduk merata.

2. Jangan lupa 'Test Rasa' ya. Lalu masak atau ungkep ayam hingga empuk dan bumbu meresap. Lalu angkat ayam, dan pisahkan kuah kari air sisa rebusan atau ungkepan ayam.

3. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu goreng ayam kremes hingga warnanya agak kecoklatan, jangan terlalu lama ya menggoreng ayamnya, agar tidak kering dan alot. Lalu angkat dan tiriskan.

4. Campurkan semua bahan untuk membuat kremesan beserta air kaldu sisa rebusan ungkepan ayam, lalu aduk-aduk hingga merata dan adonan kremesan tidak bergerindil.

5. Tuang perlahan adonan bahan kremesan kedalam wajan yang minyaknya yang sudah panas, pastikan jarak menuang cukup tinggi ya. Karena adonan kremesan akan menyebar ke seluruh permukaan wajan dan jangan diaduk. Laluangkat kremesan setelah warnanya menjadi kecoklatan.

6. Sajikan ayam goreng bersama kremesan, sambal dan lalapan favorit untuk menu makan keluarga tercinta Anda.


Foto ayam kremesnya jadi aneh banget yaaa...masa ayamnya cuma keliatan tulang pahanya aja...heuheuheu. Maklum pakai ayam kampung jadi pahanya kurus tidak semontok ayam negeri. Truuuus, memang kremesannya harus melimpah ruah gitu, biar adek tambah semangat makannya. Gak bisa banyak-banyak jepret karena yang punya kremesan udah nunggu dengan wajah lapar...hahaha.

Selamat mencoba membuat ayam kremes ala mbok berek dan selamat menikmati ayam kremes hasil buatan Anda yang disukai semua keluarga Anda. Semoga resep ayam kremes ala mbok berek di we Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi bahan inspirasi bagi Anda yang akan membuat Resep Ayam Kremes.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post