Resep Ayam Panggang Bumbu Saus Teriyaki

Ayam Panggang Teriyaki.

Ayam Panggang Teriyaki : Ayam panggang teriyaki ini adalah salah satu masakan olahan ayam favorit anak-anak saya. Kalau saya sudah masak ayam pangganh teriyaki ini, bisa dipastikan mereka akan tambah lahap makannya. Apalagi si adek yang bisa nambah makannya berkali-kali. Ayam panggang teriyaki ini juga jadi pembuka kegiatan masak memasak saya di dapur. Ceritanya lagi kangen masakin makan anak-anak, jadi pertama yang saya masak adalah menu makan favorit mereka berdua.

Ayam panggang saus teriyaki, Resep Ayam Panggang Teriyaki, Ayam Panggang bumbu Teriyaki,

Resep ayam panggang saus teriyaki, ini cukup mudah banget cara membuatnya, dan bahan-bahan yang digunakannya juga simpel kok. Cuma roses pemanggangan ayam saus teriyaki ini yang memang agak lama, karena agar bumbu saus teriyaki benar-benar meresap, tapi untuk rasanya sebanding lah dengan hasilnya. Biar bumbu teriyaki tambah meresap pada daging ayam, jangan lupa rendam potongan ayam di bumbu perendamnya ya, minimal selama 30 menit ya. Kalau saya sih seringnya sesudah prepare sejak pagi, jadi bisa lama banget ngerendam ayam saus teriyakinya..hehehe. Tapi tergantung selera dan keinginan masing-masing saja ya.. Bikin yuuuk, ayam panggang saus teriyaki-nya.

Resep Ayam Panggang Teriyaki.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Ayam Panggang Bumbu Saus Teriyaki :
1. 750 gram Ayam (saya pakai bagian paha).
2. 4 siung Bawang Putih, di parut.
3. 2 cm Jahe, di parut.
4. 1/2 butir Bawang Bombay.
5. 3 sendok makan Saus Teriyaki.
6. 1 sendok makan Kecap Asin.
7. 2 sendok makan Saus Tiram.
8. 1/2 sendok teh Merica Bubuk.
9. 1/2 sendok teh Gula Pasir.
10. 100-150 ml Air.
11. Wijen Sangrai secukupnya, untuk taburan.

Cara membuat Ayam Panggang Bumbu Saus Teriyaki :

1. Siapkan wadah, lalu campurkan bawang putih, jahe, bawang bombay, saus teriyaki, kecap asin, saus tiram, merica bubuk dan gula pasir kedalam wadah. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata, kemudian tambahkan air. Lalu aduk-aduk kembali sampai tercampur merata.

2. Sesudah itu, masukkan potongan ayam kedalam bumbu marinasi. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Lalu diamkan ayam didalam kulkas minimal selama 30 menit untuk proses marinasi.


3. Selanjutnya, siapkan wajan anti lengket diatas kompor dan panaskan wajan anti lengket. Lalu tuang potongan ayam beserta bumbunya kedalam wajan. Lalu aduk-aduk merata dan masak ayam sebentar hingga ayam berubah warna. Lalu angkat.

4. Pindahkan ayam beserta bumbunya kedalam loyang atau pinggan tahan panas. Lalu panggang ayam didalam oven dengan suhu 170'C selama kurang lebih 50 menit.

5. Sesekali bolak-balikkan ayam sambil di olesi dengan bumbunya, selama proses pemanggangan sampai ayam panggang teriyaki matang.

6. Lalu angkat, dan taburi ayam panggang teriyaki dengan wijen sangrai. Dan ayam panggang saua teriyaki sudah siap dihidangkan sebagai menu lauk kesukaan keluarga Anda.


Ayam panggang saus teriyaki ini menjadi masakan yang bikin seneng banget kan kalau anak-anak jadi lahap makannya. Padahal menu masakannya juga sederhana saja kan. Untuk sayur pendampinhnya saya cuma masak sayur bayam bening. Gak nyambung banget ya..hahaha. Biarpun gak nyambung, anak-anak sih oke-oke aja tuh, malah seneng banget gadoin sayur bayam beningnya.

Selamat mencoba membuat ayam panggang saus teriyaki dan selamat menikmati ayam panggang teriyaki hasil masakan Anda. Semoga resep ayam panggang bumbu saus teriyaki di Blog Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Ayam Panggang Teriyaki.

0 komentar