Resep Cara membuat Bekakak Ayam Bakar

Bekakak Ayam Bakar.

Bekakak Ayam Bakar : Cerita sebenarnya sih sejak pagi udah nguprek buat bikin ayam bekakak, trus setelah selesai ngungkep, ditinggal keluar rumah dulu sebentar. Maksud hati, entar siang pas udah pulang tinggal bakar ayamnya, dan pas makan siang masih anget dong ayamnya. Ternyataaaa, siang pulangnya telat, bakar ayam sambil bolak balik liat jam..hehehe. Pak bos datang pas ayam selesai ditata di tampah ini, trus saya bilang gini, pinjem bentar yaaa buat difoto..hahaha. Nah, kalau udah gitu masa mau kelamaan foto, ya udah laaah 1x jepretan pun jadi, cuma ya agak deket aja ngambilnya.

Bekakak ayam bakar, Resep Bekakak Ayam bakar,

Bekakak ayam bakar ini pastinya sudah pada tau kan yang namanya ayam bekakak bakar ini. Yuuup ayam bakar khas Sunda ini sudah terkenal banget akan kelezatannya. Disajikan dengan nasi hangat, sambel terasi dan lalapan, ulalalaaaa...jangan salahkan kalau nasi di magic com cepat habis ya..hehehe. Ciri khas dari ayam bekakak ini adalah biasanya menggunakan ayam kampung utuh yang dibelah tidak sampai terputus. Boleh juga sih kalau mau pakai ayam negeri, tapi gunakan yang ukuran kecil aja ya. Kalau rasanya pasti lebih enak pakai ayam kampung donk pastinya. Menurut saya, ayam bekakak bakar ini paling enak kalau dibuat sedang saja rasa pedasnya, kalau suka pedas, kita tinggal bikin sambel yang super pedas kan. Tapi kalau memang hobby pedas segalanya ya bisa pakai cabai keriting ya. Silahkan kalau ada yang pengen nyobain bikin juga. Waktunya memasaknya memang agak lama, karena biar ayam kampung benar-benar empuk dan bumbu meresap. Tapi semua itu sesuai kok dengan rasanya. Bikin yuuuk bekaka ayam bakar nya.

Resep Bekakak Ayam Bakar.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Bekakak Ayam Bakar :
1.1 ekor Ayam Kampung, di belah jangan sampai terputus.
2. 1 liter Santan.
3. 3 helai Daun Salam.
4. 1 batang Serai, di memarkan.
5. 3 cm Lengkuas, di memarkan.
6. 2 sendok makan Gula Merah.
7. Garam secukupnya.

Bahan Bumbu Halus Bekakak Ayam Bakar :
1. 10 butir Bawang Merah.
2. 5 siung Bawang Putih.
3. 5 butir Kemiri sangrai.
4. 1/2 sendok makan Ketumbar sangrai.
5. 2 cm Jahe.
6. 2 cm Lengkuas.
7. 5 buah Cabai Merah atau Cabai Keriting.

Bahan Pelengkap Bekakak Ayam Bakar:
1. Sambal Terasi.
2. Lalapan.

Cara membuat Bekakak Ayam Bakar :

1. Siapkan wajan, lalu masukkan semua bahan ayam, santan, daun salam, serai, lengkuas, gula merah dan garam secukupnya kedalam wajan. Lalu tutup dan masak sambil sesekali diaduk.

2. Test Rasa, agar rasa bisa disesuaikan dengan selera Anda. Lalu masak hingga ayam empuk, santan menyusut dan bumbu meresap atau ayam matang.

3. Lalu angkat ayam dan sisihkan. Lalu siapkan bara api atau pan anti lengket diatas kompor.

4. Lalu bakar ayam di atas bara api, atau panggang ayam di pan anti lengket sambil dioles-olesi dengan sisa bumbu rebusan ayam sampai ayam bakar matang.

5. Lalu angkat dan sajikan bekakak ayam bakar dengan pelengkap seperti sambal dan lalapan kesukaan Anda.

Baca juga:
Resep Ayam Geprek.

Selamat mencoba membuat bekakak ayam bakar dan selamat menikmati ayam bekakak bakar hasil buatan Anda. Semoga resep bekakak ayam bakar di Web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Bekakak Ayam Bakar.

0 komentar