/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Cara membuat Dendeng Kecap /Semur Pekalongan

Iklan Billboard 970x250

Resep Cara membuat Dendeng Kecap /Semur Pekalongan

Dendeng Kecap.

Dendeng Kecap : Ceritanya, masakan dendeng kecap ini jadi lauk makan saya hari ini, masya Allah yang namanya ngidam pengen bikin dendeng kecap, udah lama dan baru kesampaian sekarang. Tentang dendeng kecap sebenarnya sudah pernah saya posting dulu ya, tapi gapapa ya saya posting lagi..hehehe. Ketauan kalau sebenarnya lagi males nyoba menu baru nih saya..hahaaha. Kalau kita berbicara mengenai dendeng, pasti yang terbayang adalah irisan daging tipis yang kering ya. Tapi dendeng kecap berbeda, yang ada adalah mirip dengan semur daging. Saya sendiri gak tau kenapa namanya dendeng kecap. Menu ini berasal dari Pekalongan, sehingga sejak kecil saya sudah sangat familiar dengan dendeng kecap ini. Sampai sekarang Mama masih sering masak dendeng kecap. Apalagi kalau ada keluarga Pekalongan datang berkunjung, biasanya ada aja yang bawain dendeng kecap. Tak heran kalau ada acara keluarga, dendeng kecap selalu ada disetiap hari istimewa.

Dendeng Kecap, Resep dendeng kecap,

Resep dendeng kecap ini kalau bikinnya sendiri cukup mudah, cuma pakai bumbu iris aja, mirip banget deh dengan semur. Yang membedakan cuma dendeng kecap ini enak banget kalau dimasak super pedas. Aroma daun salamnya juga berpengaruh lho, sedap banget. Setau saya ada versi yang memakai santan dan ada yang tidak. Kalau mama selalu memakai santan sedikit, katanya biar lebih gurih dan sedap, jadi saya kalau bikin juga pakai sedikit santan. Menurut saya dendeng kecap ini juga lebih enak kalau udah nginep ya, mirip blendrang donk ya. Hayooo ada yang tau blendrang itu apa yoo? Blendrang itu sayuran yang di inapkan, dan biasanya rasanya akan semakin enak karena bumbu semakin meresap. Kalau bikin dendeng kecap saya gak berani yang heboh pedesnya, karena anak-anak juga ikut makan. Jadi seringnya cabai rawit saya kasih utuhan aja. Tapi percayalaaah...kalau dendeng kecap ini enak banget kalau pedeees., dan resep dendeng kecap ini recommended untuk dicoba ya.

Resep Dendeng Kecap.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Dendeng Kecap :
1. 500 gram Daging, di potong-potong.
2. 10 butir Telur Puyuh atau bisa juga pakai Telur Ayam.
3. 1 buah Kentang, di potong dan di goreng sebentar.
4. 9 butir Bawang Merah, di iris tipis.
5. 5 siung Bawang Putih, di iris tipis.
6. 2 helai Daun Salam.
7. 2 cm Lengkuas, di memarkan.
8. 3 buah Cabai Merah, di iris serong.
9. 7 buah Cabai Rawit utuh (boleh juga kalau mau di iris).
10. 10-12 sendok makan Kecap Manis.
11. 1 sendok makan Gula Merah sisir.
12. 1500 ml Wir Kaldu atau air biasa.
13. 75 ml Santan Kental (bisa pakai santan kental instan).
14. Garam secukupnya.
15. Gula Pasir secukupnya.
16. 1 buah Tomat, di belah.
17. 2 sendok makan Minyak untuk menumis.

Cara membuat Dendeng Kecap :

1. Rebus daging sebentar hingga berubah warna, lalu buang airnya. Lalu rebus lagi dengan api kecil hingga daging menjadi setengah empuk.

2. Lalu ambil dagingnya, dan saring air kaldunya, lalu sisihkan. Kalau mau praktis boleh juga dipresto ya.

3. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga beraroma harum dan layu. Lalu masukkan daun salam, lengkuas dan cabai kedalamnya. Lalu aduk-aduk hingga merata dan masak sampai layu.

4. Setelah itu, masukkan daging, telur dan kentang kedalam wajan. Lalu kemudian tuang air kaldu kedalamnya.

5. Sesudah itu, tuang juga kecap, gula merah, gula pasir dan garam kedalam wajan. Lalu masak hingga mendidih dan daging empuk.

6. Sesudah daging empuk, tuang santan kental dan tomat kedalam wajan. Lalu masak lagi sambil sesekali diaduk, agar santan tidak pecah.

7. Test Rasa, hingga rasa kuah dendeng kecap sesuai selera Anda. Lalu angkat dan sajikan dendeng kecap dengan taburan bawang goreng untuk menu lauk makan keluarga Anda.

Baca juga:
Resep Konro Bakar.

Dendeng kecap ini jika dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat, masya Allah nikmatnya. Jangan lupa kasih taburan bawang goreng yang banyak ya, biar tambah sedap. Yuuk cobain yuuk, resep dendeng kecapnya, siapa tau rasanya bisa sesuai dengan selera keluarga.

Selamat mencoba membuat dendeng kecap dan selamat menikmati dendeng kecap hasil buatan Anda. Semoga resep dendeng kecap di Web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Dendeng Kecap.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post