Resep Cara membuat Garang Asem Ayam Tanpa Santan & Daun

Garang Asem Ayam.

Garang Asem Ayam : Beberapa hari yang lalu saya bikin garang asem ayam pakai pinggan tahan panas. Kenapa pakai pinggan tahan panas, karena biar praktis saja bikinnya. Aslinya kan kalau masak garang asem ayam tuh dibungkusin satu-persatu pakai daun, kalau pakai pyrex gini kan jauh lebih praktis kan. Biar tetap ada aroma daun-daunnya, saya alasi pyrex dengan daun dan waktu ngukus juga atasnya ditutup dengan daun ya kalau ada daunnya. Trus kalau saya liat belimbing wuluh di pasar atau tukang sayur, pasti deh yang kebayang pertama kali ya bikin garang asem ini. Makanan khas jawa tengah ini memang biasanya pakai belimbing wuluh. Ada 2 versi garang asem, yaitu versi memakai santan dan tanpa santan. Enak yang mana? Kalau kata saya enak semua..hehehe. Cuma kalau disuruh milih, saya prefer yang tanpa santan karena lebih segar.

Garang Asem Ayam tanpa santan, Garang asem ayam tanpa daun, Resep Garang Asem Ayam,

Resep garang asem ayam ini tidak hanya melulu memakai bahan ayam, tapi bisa juga pakai ati ampela, iga atau bahkan daging sapi. Kalau garang asem ayam memang lebih sip kalau pakai ayam kampung, selain lemaknya lebih sedikit, juga rasanya lebih gurih. Misalkan gak punya ayam kampung, boleh kok pakai ayam negeri, tapi pakai yang ukurannya kecil aja alias masih muda ya. Garang asem tanpa daun ini selain cara membuatnya lebih praktis juga asyik banget buat kita ibu-ibu yang multi-tasking..heheehe. Duuuh bahasanya ibu-ibu ini gaya banget daaah. Lha iya kan waktu ngukusnya lumayan lama tuh, jadi selama nunggu matang kita bisa ngerjain yang lain...kan ya!

Resep Garang Asem Ayam.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Garang Asem Ayam Tanpa Santan dan Daun :
1. 1 ekor Ayam Kampung, di potong-potong.
2. 15 buah Belimbing Wuluh, di potong-potong.
3. 3 buah Tomat, di potong-pootng.
4. 10 buah Cabai Rawit utuh.
5. 800 ml Air atau secukupnya.
6. 4 batang Serai, di potong-potong.
7. 3 lembar Daun Salam.
8. Garam secukupnya.
9. Gula Pasir secukupnya.
10. Daun Pisang untuk alas kalau ada.

Bahan Bumbu Halus Garang Asem Ayam:
1. 12 butir Bawang Merah.
2. 7 siung Bawang Putih.
3. 2 cm Kunyit.
4. 5 butir Kemiri sangrai.

Cara membuat Garang Asem Ayam Tanpa Santan dan Daun :

1. Panaskan kukusan hingga beruap banyak.

2. Dalam wadah, campurkan bahan bumbu halus, belimbing wuluh, cabai rawit, tomat, serai dan daun salam kedalam wadah.

3. Setelah itu, tuang air kedalamnya. Lalu aduk-aduk sampai merata, kemudian masukkan potongan ayam kedalamnya. Lalu bumbui dengan garam dan gula pasir secukupnya.

4. Alasi pan anti panas dengan daun pisang, lalu tuang potongan ayam dan bumbu beserta kuahnya kedalam pan anti panas. Lalu kemudian tutup lagi dengan daun pisang.

5. Selanjutnya, kukus garang asem ayam selama kurang lebih 1-1,5 jam, atau hingga ayam empuk dan bumbu meresap. Lama pengukusan tergantung ayam yang dipakai ya, kalau pakai ayam negeri waktunya tentu bisa lebih singkat ya.

6. Lalu angkat dan garang asem ayam sudah siap disajikan selagi hangat.

Baca juga:
Resep Sup Merah.

Selamat mencoba membuat garang asem ayam tanpa santan dan daun, dan selamat menikmati garang asem ayam hasil buatan Anda. Semoga resep garang asem ayam tanpa santan dan daun di Web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Garang Asem Ayam.

0 komentar