/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Cara membuat Iga Bakar Penyet Pedas

Iklan Billboard 970x250

Resep Cara membuat Iga Bakar Penyet Pedas

Iga Bakar Penyet.

Iga Bakar Penyet : Haii, Sahabat Web Resep Masakan Kuliner...apa kabar? Udah nemu ide masak apa neh untuk besok? Kalau itu sih saya banget, mikir menu mulai dari malam..hahaha. Malam-malam udah ngecek bahan yang ada di lemari doraemon juga, alias kulkas. Ini menu saya entah kapan bikinnya, yang jelas menu bulan lalu deh. Telat banget kan, tapi gak apa-apa telat dikit sih daripada gak diposting..hehehe.. Yuuk kita bikin iga bakar penyet.. Bagi saya menu penyetan adalah menu penggugah selera. Hmmm...menu boros nasi gitu deh. Bayangin aja ya, lauk dipenyet dengan sambal super pedas dan ditemani lalapan mentah, masya Allah nikmat banget. Apapun lauk penyetannya, pasti deh bikin lahap makannya.

Iga Bakar Penyet, Resep iga bakar penyet,

Resep iga bakar penyet kali ini saya membuat penyetan iga bakar yang terdiri dari iga bakar, telur rebus dan tempe goreng. Kalau mau ditambah tahu goreng juga pasti lebih spesial, tapi saya lagi gak punya tahu..hehehe. Iga bakarnya saya bumbui ala empal yang terasa manis dan asam. Untuk sambalnya saya membuat sambal terasi teri. Lalapannya cuma pakai timun, kacang panjang dan kemangi. Silahkan disesuaikan dengan selera aja ya. Membuat iga bakar penyet ini memang membutuhkan waktu yang lumayan lama ketika merebus iga-nya. Kalau bisa jangan pakai panci presto ya, karena walaupun jauh lebih cepat empuk, nanti bumbunya kurang meresap. Disabar-sabarin aja deh ngungkep biasa di atas kompor yaaa, biar rasa iga bakar penyetnya makin mantap.

Resep Iga Bakar Penyet.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Iga Bakar Penyet :
1. 1 kilo gram Iga Sapi, di potong-potong.
2. 1500 ml Air (saya mix dengan air kelapa).
3. 3 helai Daun Salam.
4. 3 cm Lengkuas, di memarkan.
5. 100 gram Gula Merah, di sisir halus.
6. 1,5 sendok makan Air Asam jawa.

Bahan Bumbu Halus Iga Bakar Penyet:
1. 7 siung Bawang Putih.
2. 2 sendok teh Ketumbar.
3. 1,5 sendok teh Garam.

Cara membuat Iga Bakar Penyet :

1. Dalam panci masukkan air, air kelapa, potongan iga sapi , daun salam, lengkuas, gula merah dan bumbu halus.

2. Masak iga sapi hingga 1/2 empuk, lalu kemudian masukkan air asam jawa kedalam panci. Lalu tambahkan garam dan gula pasir apabila rasanya belum pas.

3. Teruskan memasak hingga daging iga sapi empuk dan bumbu meresap. Apabila daging iga sapi belum empuk dan air sudah menyusut bisa ditambahkan lagi ya airnya dan masak lagi iga sapinya sampai empuk.

4. Lalu angkat dan tiriskan iga sapi yang sudah empuk. Lalu kemudian bakar iga sapi sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbu rebusannya. Lalu angkat jika iga bakar sudah matang.

5. Cara penyajian iga bakar penyet:
Letakkan iga bakar penyet di atas sambal terasi teri, lalu kemudian penyet perlahan iga bakar. Lalu taburi dengan bawang goreng dan selesai.

6. Iga bakar penyet sudah siap untuk di sajikan dengan lalapan kesukaan Anda.

SAMBAL TERASI TERI.
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Sambal Terasi Teri:
1. 7 buah Cabai Merah atau Cabai Keriting.
2. 5 buah Cabai Rawit atau sesuai selera.
3. 3 siung Bawang Putih.
4. 3 butir Bawang Merah.
5. 1 buah Tomat.
6. 1 sendok teh Terasi Bakar.
7. 1 sendok teh Gula Merah, di sisir halus.
8. 1/2 sendok teh Garam atau secukupnya.
9. 1 sendok teh Wijen sangrai.
10. 3 sendok makan Teri Medan Goreng.
11. Air Jeruk Limau atau Jeruk Nipis.
12. Minyak Goreng secukupnya.

Cara membuat Sambal Terasi Teri:
1. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu goreng cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih hingga beraroma harum dan layu. Lalu angkat dan tiriskan.

2. Haluskan semua bahan sambal teri. Lalu kemudian tuangi sedikit minyak sisa menggoreng tadi kedalamnya. Lalu kucuri dengan air jeruk limau atau jeruk nipis bila suka.

3. Sambal terasi teri sudah siap untuk disajikan sebagai sambal pelengkap iga bakar penyet.

Alhamdulillah....nikmat sekali kakak iga bakar penyetnya. Benar-benar menu penggugah selera saya. Lebih nikmat lagi kalau setelah menikmati iga bakar penyet ini dilanjut dengan gadoin sayur asem ala Jakarta. Wuiiih...banyak banget makannya bund..heheehe.

Selamat mencoba membuat iga bakar penyet dan selamat menikmati iga bakar penyet hasil buatan Anda. Semoga resep iga bakar penyet di Web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Iga Bakar Penyet.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post