Resep Ikan Dori Goreng Crispy

Dori Goreng Crispy.

Dori Goreng Crispy : Biasanya kalau fillet ikan atau ayam crispy tuh dipadukan dengan saus ya, bisa saus mayo, saus asam manis, saus keju atau berbagai saus lainnya yang enak-enak tuh. Naah, untuk kali ini saya sudah mencoba sesuatu yang berbeda, yaitu fillet ikan dori yang digoreng crispy dipadukan dengan ulegan cabe. Wadoooh....gimana rasanya bund? Ternyata enaak lho. Jadi unik gitu rasanya. Saya terinspirasi dengan salah satu menu di franchise fried chicken di tempat saya, yaitu fried chicken dijadikan menu penyet. Kayanya enaak gitu waktu liat fotonya..hehehe. Karena penasaran, bikin lah saya dengan memakai fillet ikan dori ini.

Dori Goreng Crispy, Ikan dori goreng crispy, Resep Dori Goreng Crispy,

Resep dori crispy kali ini untuk bahan pelapisnya, saya memakai tepung bumbu siap pakai. Tapi kalau gak mau pakai tepung bumbu siap pakai, bisa bikin bumbu tepung pelapis sendiri kok. Biasanya saya juga bikin sendiri memakai tepung terigu, maizena, baking powder dan garam seperti resep yang sudah pernah saya posting sebelumnya di resep chicken popcorn. Cobain deh bikin yang crispy-crispy gini, ikan dori crispy dipadukan dengan cabai uleg, bisa memakai ayam, ikan, cumi atau bahkan udang kalau suka.

Resep Dori Goreng Crispy.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Ikan Dori Goreng Crispy :
1. 250 gram Fillet Ikan Dori, di potong dadu.
2. 1 buah Jeruk Nipis, diperas airnya.
3. 1/2 sendok teh Garam.
4. 1 bungkus Tepung Bumbu Siap Pakai.
5. Minyak Goreng secukupnya.

Bahan Pencelup Ikan Dori Goreng Crispy:
1. 3 sendok makan Tepung Terigu.
2. 1 sendok makan Tepung Beras.
3. 1 sendok teh Garam.
4. 1/2 sendok teh Merica Bubuk.
5. 2 siung Bawang Putih, di haluskan.
6. Air Dingin secukupnya.

Cara membuat Ikan Dori Goreng Crispy :

1. Didalam wadah, campur potongan fillet ikan dori dengan air jeruk nipis dan garam. Lalu aduk-aduk merata,lalu diamkan ikan dori selama 10 menit untuk proses marinasi.

2. Campur semua bahan kering untuk pencelup ikan dori, lalu aduk-aduk hingga tercampur merata. Lalu tuang air dingin sedikit demi sedikit kedalam adonan tepung sambil diaduk hingga adonan menjadi kental.

3. Sesudah itu, masukkan potongan ikan dori kedalam bahan pencelup. Lalu kemudian angkat dan gulingkan kedalam bahan tepung bumbu siap pakai hingga semua permukaan ikan dori tertutup tepung. Cubit-cubit ikan dori sehingga hasil tepungnya bisa kriwil atau keriting.

4. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu goreng ikan dori dengan api sedang hingga warnanya agak coklat keemasan dan ikan dori goreng crispy matang.

5. Lalu angkat dan tiriskan, sajikan ikan dori goreng crispy selagi hangat dengan siraman sambal cabai atau saus kesukaan Anda.

Baca juga:
Resep Ayam Kentucy.
Resep Ayam Geprek.
Resep Chicken Katsu Curyy.
Resep Fillet Ayam Crispy.
Resep Spicy Chicken Wings.

Nah, untuk siraman sambal cabainya juga simpel banget deh bikinnya. Tinggal uleg kasar aja, atau kalau males boleh lah pakai blender...heheehei.

Bahan Siraman Sambal Cabai Ikan Dori Goreng Crispy:
1. 5 buah Cabai Merah atau Cabai Keriting.
2. 10 buah Cabai Rawit.
3. 5 siung Bawang Putih.
4. 2 sendok makan Minyak gmGoreng.
5. 1 batang Daun Bawang, di iris-iris.

Cara membuat Sambal Ikan Dori Goreng Crispy:
1. Uleg kasar cabai merah, cabai rawit dan bawang putih. Lalu kemudian, tumis bahan sambal hingga matang.

2. Menjelang di angkat, masukkan irisan daun bawang kedalam tumisan sambal. Lalu aduk merata dan angkat sambal.

3. Lalu siramkan sambal di atas ikan dori goreng crispy atau dibuat bahan sambal cocolan ikan dori goreng crispy.
Bisa jadi variasi menu lauk buat di rumah nih, siapa tau cocok dengan selera keluarga. Cobain bikin yuuuk, resep ikan dori goreng crisp dirumah masing-masing ya.

Selamat mencoba membuat ikan dori goreng crispy dan selamat menikmati ikan dori goreng crispy hasil buatan Anda. Semoga resep ikan dori goreng crispy di web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat ikan dori goreng crispy.

0 komentar