/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Cara membuat Mie Godog Jawa Sederhana

Iklan Billboard 970x250

Resep Cara membuat Mie Godog Jawa Sederhana

Mie Godog Jawa.

Mie Godog Jawa : Tadi pagi saya membuat mie godog jawa untuk sarapan anak-anak dan suami. Weesss...kalau udah bikin mie godog jawa ini sarapan gak pakai lama deh, pada lahap semua. Kadang-kadang anak saya bisa berubah jadi picky eater saat sarapan. Tapi bagi saya sarapan itu harus, walau cuma sedikit harus tetap sarapan. Biasa ya kadang mood anak kan juga belum bagus di pagi hari, jadi makannya gak selahap kalau makan siang ataupun makan malam. Karena itulah untuk sarapan saya berusaha membuat apa yang menjadi request anak-anak. Kalaupun mereka gak request, ya saya pasti masak yang jadi kesenengan mereka, tapi tetap yang gampang dan cepat yaa. Pagi-pagi mah rempoong kan..hehehe. Mie godog jawa ini sering jadi makanan penyelamat saya, karena semua keluarga saya suka dengan mie godog jawa.

Mie Godog Jawa, Resep mie godog jawa,

Godog dalam bahasa Jawa artinya adalah rebus, jadi mie godog Jawa adalah mie rebus ala Jawa. Di tempat saya penjual mie godog tidak menyajikan dengan menggunakan mangkok seperti halnya masakan berkuah lainnya, tetapi tetap menggunakan piring. Piring yang dipakai juga sama dengan yang dipakai untuk menyajikan nasi goreng atau mie goreng. Biasanya kan sepaket tuh, penjual nasi goreng juga menjual mie goreng dan juga mie rebus. Karena menggunakan piring, jadi kuahnya juga tidak heboh. Dalam bahasa Jawa ada yang menyebutnya nyemek. Naah, kalau mie godog yang ini menurut saya lebih banyak kuahnya dibanding mie nyemek yang kuahnya dikiiit banget.

Resep mie godog jawa ini, kalau ingin membuat mie godog jawa yang enak, gunakan ayam kampung beserta kaldunya. Kalau gak ayam kampung gak apa-apa pakai ayam negeri, tapi jangan skip air kaldu rebusan ayamnya ya, karena air kaldu ini yang bikin gurih resep mie godog jawa ini. Bahan bumbu mie godog jawa in juga cukup sederhana, bahan pelengkapnya juga bisa disesuaikan saja dengan yang kita punya. Biasanya sayurannya cukup sawi dan kol ditambah tomat. Ada juga sih yang menambahkan wortel, tapi saya sering gak pakai. Kalau suka ati ampela, boleh juga ditambahkan ya. Biasanya mie godog, mie goreng atau nasi goreng ala Jawa lebih dominan manis, jadi pasti memakai kecap manis. Kalau saya sih disesuaikan manisnya dengan selera keluarga ya, karena saya sendiri gak suka kalau terlalu manis. Yuuuk, yang mau bikin juga resep mie godog jawa bisa dipraktekin didapur masing-masing ya.

Resep Mie Godog Jawa.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Mie Godog Jawa :
1. 200 gram Mie Basah atau boleh juga Mie Kering (saya pakai mie telur homemade).
2. 300 gram Daging Ayam Kampung.
3. 1 liter Air.
4. Irisan Kol secukupnya.
5. Irisan Sawi secukupnya.
6. 1 buah Tomat, di potong-potong.
7. 2 butir Telur.
8. 5 butir Bawang Merah, di iris tipis.
9. 4 sendok makan Kecap Manis atau sesuai selera.
10. Garam secukupnya.
11. Gula Pasir secukupnya.
12. 1 batang Daun Bawang, di iris tipis.
13. 2 sendok makan Minyak Goreng untuk menumis.

Bahan bumbu halus Mie Godog Jawa:
1. 5 siung Bawang Putih.
2. 3 butir Kemiri, di sangrai.
3. 1/2 sendok teh Merica Butiran.

Bahan Pelengkap Mie Godog Jawa:
1. Acar.
2. Bawang Goreng.
3. Sambal.
4. Jeruk Nipis.

Cara membuat Mie Godog Jawa :

1. Rebus ayam dalam air mendidih hingga ayam empuk. Lalu angkat ayamnya dan suwir-suwir daging ayamnya. Lalu, kemudian sisihkan air kaldunya.

2. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu tumis bahan bumbu halus dan irisan bawang hingga beraroma harum dan layu.

3. Setelah bumbu tumis harum, masukkan suwiran daging ayam, beserta kol dan sawi. Lalu aduk-aduk hingga merata, kemudian tuang air kaldu kedalamnya.

4. Sesudah itu, bumbui dengan kecap manis, garam dan gula pasir secukupnya. Lalu masak hingga mendidih.

5. Test Rasa, agar rasa bisa disesuaikan dengan selera Anda. Lalu masukkan mie kedalam wajan, lalu masak hingga mendidih lagi.

6. Kemudian masukkan telur kedalam wajan, lalu masak sebentar saja hingga telur matang.

7. Menjelang mie godog jawa diangkat, masukkan irisan tomat dan daun bawang kedalamnya. Lalu aduk merata dan matikan api.

8. Lalu angkat, taburi dengan bawang goreng dan jeruk nipis jika suka, beserta bahan pelengkap lainnya. Lalu sajikan segera mie godog jawa selagi panas biar syeeger saat dinikmati.

Selamat mencoba membuat mie godog jawa dan selamat menikmati mie godog jawa hasil buatan Anda. Semoga resep mie godog jawa sederhana di web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Mie Godog Jawa.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post