Resep Cara membuat Mie Kuah Udang Sederhana

Mie Kuah Udang.

Mie Kuah Udang : Kalau hujan-hujan gini, biasanya paling enak itu menikmati makanan yang hangat-hangat. Saya paling suka nyeruput jahe hangat atau lemon tea hangat di sore hari, dan kalau pas hujan-hujan kok rasanya berlipat-lipat enaknya ya..hehehe. Kalau cemilannya ya pastinya yang paling enak tuh gorengan yang masih fresh dari wajan. Maklum pecinta gorengan garis keras sih ya, dan niat untuk mengurangi makan gorengan masih terus dalam wacana alias gagal terus..heuheuheu. Selain minuman hangat dan makanan cemilan, asyik juga kan kalau sore-sore gini menikmati semangkok mie kuah yang masih hangat. Menurut saya yang paling enak ya mie kuah atau mie nyemek. Bisa mie jawa, mie pangsit ayam, mie bakso, mie ayam jamur atau mie kuah udang seperti yang saya buat ini.

Mie Kuah Udang, Resep mie kuah udang,

Udang ini memang selalu jadi makanan favorit ya. Untuk yang sudah berumur seperti saya sih gak boleh banyak-banyak makan udang kan..hehehe. Bukan berarti gak boleh, tapi ya itu jangan banyak-banyak. Saya dan suami sampai sekarang tetap makan secukupnya saja. Kebetulan saya lumayan sering mengolah masakan yang berbahan udang, karena memang sudah mejadi makanan favorit anak-anak saya. Lagian kalau makan kebanyakan ya gak tega dong, ngurangi jatah anak terlalu banyak...heheehe.

Resep mie kuah udang ini cara membuatnya gampang sekali dan pengolahannya. Untuk bahan pelengkap mie kuah udah ini juga saya cuma memakai acar dan perasan jeruk nipis, biar tambah syegeeer. Kalau mau lebih istimewa bisa ditambahkan kekian udang atau bakso udang. Bikin tambah komplit yaa mie kuah udang nya.

Resep Mie Kuah Udang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Mie Kuah Udang Sederhana :
1. 200 gram Mie Telur (saya pakai mie telur homemade, bisa pakai mie telur kering siap pakai).
2. 300 gram Udang Segar.
3. 1300 ml Air Kaldu Udang.
4. 1 ruas jari Jahe, di memarkan.
5. 1 ikat kecil Seledri.
6. 2 sendok teh Garam.
7. 1 sendok teh Gula Pasir.
8. 2 sendok makan Minyak untuk menumis.

Bahan bumbu halus Mie Kuah Udang:
1. 7 butir Bawang Merah.
2. 5 siung Bawang Putih.
3. 2 butir Kemiri, di sangrai.
4. 1 butir Pala.
5. 1 sendok teh Merica Butiran.
6. 1 sendok makan Ebi, di sangrai.

Bahan Pelengkap Mie Kuah Udang:
1. 1 ikat Sawi Hijau, di potong-potong, siram air panas, lalu di tiriskan.
2. 2 butir Telur Rebus.
3. 1 batang Daun Bawang, di iris-iris.
4. 1 buah Tomat, di belah jadi 6.
5. Acar.
7. Sambal.
8. Bawang Goreng.

Cara membuat Mie Kuah Udang :

1. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu tumis bahan bumbu halus hingga beraroma harum.

2. Sesudah bumbu tumis harum, masukkan jahe dan udang kedalam wajan, lalu aduk-aduk merata dan masak hingga udang berubah warna.

3. Setelah itu, tuang tumisan bumbu dan udang kedalam rebusan air kaldu udang. Lalu bumbui dengan garam dan gula pasir. Lalu masak hingga mendidih.

4. Test Rasa, agar rasa bisa disesuaikan dengan selera Anda.

5. Setelah rasa sudah pas, masukkan mie telur kedalamya. Lalu masak sebentar saja hingga bumbu meresap.

6. Menjelang mie kuah udang diangkat, masukkan seledri dan irisan tomat kedalamnya. Lalu masak sebentar hingga layu, lalu matikan api.

7. Siapkan mangkuk saji, lalu tuang mie beserta kuah udangnya dan bahan pelengkap mie kuah udang.

8. Mie kuah udang sudah siap disajikan sebagai mie kuah makanan favorit keluarga tercinta Anda.

Selamat mencoba membuat mie kuah udang sederhana dan selamat menikmati mie kuah udang hasil buatan Anda. Semoga resep mie kuah udang sederhana di web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Mie Kuah Udang.

0 komentar