/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Cara membuat Sambal Goreng Printil Daging Giling

Iklan Billboard 970x250

Resep Cara membuat Sambal Goreng Printil Daging Giling

Sambal Goreng Printil.

Sambal Goreng Printil : Sambel goreng bola-bola daging atau yang kami biasa menyebutnya sambel goreng printil daging adalah salah 1 menu masakan yang biasanya ada di meja makan pada saat hari Lebaran. Biasanya sambel goreng ini dipadukan dengan opor ayam, sayur labu, rendang atau lapis daging, dan tentu saja tempe tahu goreng tepung khas buatan Mama. Untuk membuat sambel goreng printil daging ini menurut saya cukup ribet, gak heran kalau yang pemalas seperti saya ini harus mikir panjang dulu sebelum membuatnya. Tapi entah kenapa kemarin tuh saya lagi pengeeen makan sambel goreng printil daging giling ini. Mau gak mau ya harus bikin sendiri kan ya. Keribetan membuat sambel goreng printil ini dimulai dari menggiling daging, lalu dilanjutkan dengan membuat bola-bola dagingnya. Namanya juga sambel goreng printil daging giling, jadinya bola-bolanya harus imut donk ya, kan kalau besar ntar jadinya mirip bakso dong..hehehe.

Sambal goreng printil, Resep Sambal Goreng Printil,

Resep sambal goreng printil daging giling ini untuk proses selanjutnya sih hampir seperti membuat sambel goreng biasa aja. Naaah dengan segala keribetan itu, wajar donk kalau saya pengen punya foto yang agak bagus dikit dari si sambel goreng printil daging ini. Kebetulan saya juga bikin sayur labu, jadi saya sekalian beli lontong untuk bikin lonsay ala-ala saya. Kelar acara foto-foto, biasanya saya sih gak langsung mindahin foto dari kamera ke laptop. Kadang perlu nunggu berhari-hari untuk mindahinnya..hahahah, ketauan banget kan pemalasnya saya ini! Nah entah kenapa kemarin saya pengen langsung mindahin aja, karena memang kebetulan lagi senggang. Dan yang terjadi adalah saya bukannya mengcopy foto dan memindah ke laptop, yang ada malah foto di delete. Whuaaaa.....hiiiiks. Cuma tersisa 1 foto yang kebetulan belum ikut kedelete, ya tinggal foto ini aja..huhuhuhu. Ya sudah laaah masih lumayan kan masih ada fotonya.

Kembali lagi ke resep sambel goreng printil daging giling ini ya, ada yang membuat printil dagingnya murni dari daging giling yang dibumbui dan dibulatkan kecil-kecil. Kalau saya lebih suka yang ada sedikit kenyalnya, jadi saya tambahkan tepung sagu dan terigu. Gak banyak-banyak kok ngasih tepungnya, jadi tetap terasa dominan dagingnya. Silahkan disesuaikan aja dengan selera ya. Untuk bahan pelengkapnya, saya hanya memakai udang dan petai. Enak juga kalau ditambah kentang atau bahkan buncis. Oh iya, mbah saya kalau bikin sambel goreng printil ini biasanya terdiri dari buncis, udang dan kentang. Tapi rasanya tetap enaaak deh, kerasa sedep gitu. Untuk yang mau bikin sambel goreng printil daging giling ala saya, silahkan berikut ini resepnya ya.

Resep Sambal Goreng Printil Daging.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Printil Daging :
1. 300 gram Daging Giling.
2. 2 sendok makan Tepung Sagu.
3. 1 sensok makan Tepung Terigu.
4. 1 putih Telur.
5. 1/2 sendok teh Garam.
6. 1/4 sendok teh Merica Bubuk.

Bahan Bumbu Halus Sambal Goreng Printil Daging:
1. 10 butir Bawang Merah.
2. 5 siung Bawang Putih.
3. 4 buah Cabai Merah.
4. 3 butir Kemiri sangrai.

Bahan-bahan untuk membuat Sambal Goreng Printil Daging :
1. 250 gram Udang.
2. 2 papan Petai, di belah 2.
3. 2 helai Daun Salam.
4. 2 ruas jari Lengkuas, di memarkan.
5. 2 barang Serai, di memarkan.
6. 500 ml Santan.
7. 2 sendok teh Garam.
8. 1/2 sendok teh Merica.
9. 1 sendok teh Gula Pasir.
10. 1 sendok makan Air Asam jawa.
11. Minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat Sambal Goreng Printil Daging Giling :

1. Siapkan wadah, lalu campurkan semua bahan printil daging menjadi satu dalam wadah. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata semua bahan. Lalu bentuk adonan daging giling menjadi bulat kecil sebesar kelereng, lalu goreng sebentar. Lalu angkat dan tiriskan.

2. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minak goreng secukupnya. Lalu tumis bumbu halus hingga harum.

3. Setelah bumbu tumis harum, masukkan daun salam, serai dan lengkuas kedalam wajan. Lalu aduk-aduk dan masak hingga matang, agar bumbu tidak terasa langu.

4. Sesudah itu, masukkan udang kedalam wajan. Lalu aduk-aduk kembali sampai merata, dan masak hingga udang berubah warna.

5. Setelah itu, masukkan printil daging dan santan kedalam wajan. Lalu bumbui dengan garam, merica dan gula pasir. Lalu kemudian masukan air asam jawa kedalam waian, lalu aduk merata.

6. Sesudah itu, masukkan petai kedalam wajan dan lanjutkan memasak hingga bumbu meresap dan santan menyusut.

7. Test Rasa, hingga rasa sambal goreng printil daging bisa sesuai selera ya. Lalu angkat, dan sajikan sambal goreng printil daging dengan taburan bawang goreng di atas nya.

Percaya deh, biarpun bikinnya ribet, tapi rasanya sesuai laaah dengan kerepotannya..hehehe. Alhamdulillah kesampaian juga makan sambal goreng printil daging gilingnya, dan gak usah nunggu lebaran yang masih lama deh ya...

Selamat mencoba membuat sambal goreng printil daging giling dan selamat menikmati sambal goreng printil daging hasil buatan Anda. Semoga resep sambal goreng printil daging giling di Web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Sambal Goreng Printil Daging.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post