Resep Cara membuat Tahu Bulat Kopong Mengembang

Tahu Bulat Kopong Mengembang.

Tahu Bulat : Tahu yang lagi kekinian niih. Kalau di tempat saya, tahu bulat ini baru ngetrend, sedangkan kalau di daerah Jawa Barat kayanya udah lama populer ya. Di tempat saya tahu bulat ini ada di jajakan menggunakan mobil pick up. Ntar tahu itu digoreng di bak belakang mobil, sambil jalan pelan-pelan, lengkap juga dengan lagunya lho..hehehe. Saya pastinya penasaran donk, tapi belum pernah beli. Ngerasain tahu bulat ya, karena dikasih teman-teman saya yang sudah pernah bikin. Ternyata bikinnya gampang lho, tapi habisnya juga cepat. Tahu masih digoreng, yang antri udah banyak..hahaha. Kayanya kalau saya jualan tahu bulat bakal laris kali ya yaaaa.

Tahu bulat kopong mengembang, Resep Tahu Bulat,

Resep tahu bulat, ini saya sudah beberapa kali membuat tahu bulat, mulai dari yang tanpa telur, trus tahu langsung digoreng, sampai akhirnya baca di cookpad kalau tahu disimpan dulu didalam kulkas sebelum digoreng. Dan ternyata memang beda-beda juga hasilnya. Tahu yang langsung digoreng, hasilnya gak sebagus yang disimpan dulu didalam kulkas. Sedangkan tahu bulat tanpa telur, tentu saja tidak akan mulus, karena memang telur itu sebagai perekatnya. Jadi ya kalau mau buat tahu bulat yang mulus itu harus pake telur. Dan untuk tahu bulat versi saya ini hasilnya mulus dan kopong mengembang.

Tahu bulat kopong mengembang, ini enak sekali disajikan dengan sambal kecap, itu versi saya lho yaa, karena saya kurang suka petis. Kalau mau pakai saus sambal juga enak atau sekedar gigit cabai rawit. Atau boleh juga cobain versi anak saya, tahu bulat dicocol saus mayo..hehehe. Ternyata cocok-cocok aja kok tahu bulat ini mau dipadukan dengan saus atau apa aja. Yuuk..yuuk yang mau coba bikin tahu bulat sendiri di rumah. Gampang banget cara bikinnya dan lebih terjamin kan, jadi kita juga gak was-was kalau anak kita makan banyak!

Resep Tahu Bulat Kopong Mengembang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Tahu Bulat Kopong Mengembang :
1. 700 gram Tahu Putih.
2. 3 buah Kuning Telur.
3. 3 siung Bawang Putih, di haluskan.
4. 2 sendok teh Kaldu Bubuk non MSG.
5. 1,5 sendok teh Baking Powder.
6. Garam secukupnya.
7. Merica Bubuk secukupnya.
8. Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat Tahu Bulat Kopong Mengembang :

1. Didalam wadah, hancurkan tahu hingga halus. Lalu kemudian, peras air tahu dengan memakai serbet bersih, agar kadar airnya berkurang.

2. Setelah itu, campurkan tahu dengan telur, baking powder, bawang putih, garam dan merica bubuk secukupnya. Lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata.

3. Kemudian, Test Rasa. Dengan cara menggoreng sedikit adonan tahu bulat.

4. Sesudah rasanya pas, bentuk adonan tahu bentuk bulat dengan bentuk tahu tahu hingga mulus. Lalu tata adonan tahu bulat didalam loyang atau wadah, kemudian simpan didalam kulkas selama kurang lebih 3 jam.

5. Setelah itu, keluarkan tahu dari dalam kulkas. Lalu siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu goreng tahu bulat hingga warnanya kecoklatan dan matang. Gunakan api sedang saja ya, dan tahu jangan terlalu sering dibalik agar tidak pecah.

6. Lalu angkat dan tiriskan. Sajikan tahu bulat selagi hangat dengan sambal favorit atau petis.


Notes:
1. Kaldu bubuk non MSG saya pakai merk Alania, ada juga merk Asultan.
2. Gunakan plastik ketika membentuk tahu, atau olesi tangan dengan sedikit minyak, agar adonan tahu bulat tidak lengket ditangan.
3. Agar tahu bulat menjadi 'kopong mengembang' di dalamnya, goreng tahu bulat agak lama, dengan api sedang cenderung kecil ya.

Selamat mencoba membuat tahu bulat kopong mengembang dan selamat menikmati tahu bulat hasil buatan Anda. Semoga resep tahu bulat kopong mengembang di Web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Tahu Bulat.

0 komentar