Resep Cara memasak Tumis Cumi Asin Pedas

Tumis Cumi Asin.

Tumis Cumi Asin : Salah satu menu masakan lauk yang bikin niat sang suami untuk diet atau mengurangi porsi makan jadi gagal total nih. Yesss, tumis cumi asin ini selalu jadi menu lauk masakan favorit dan bikin nambah-nambah nasi mulu makannya. Gimana dong, susah banget nolak tumisan cumi yang dimasak pedas ini. Padahal bumbu-bumbunya sih sederhana aja ya, cuma di iris-iris aja bumbunya, tapi ya itu masya Allah sedaaap rasa tumis cumi asin ini ya.

Tumis Cumi Asin, Resep tumis cumi asin,

Cumi asin ini kalau di tempat saya yang lumayan pelosok ini, cumi asin harus beli di supermarket. Mungkin kalau yang tinggal di kota besar, bisa dengan gampang belanja cumi asin di pasar tradisional ya. Makanya kalau memang pas lagi belanja di supermarket dan ada stok cumi asin ini, saya langsung beli. Yuuk..yuuk yang mau coba bikin, gampang banget deh cara bikin dan masak tumis cumi asin ini. Dan pastinya siapapun udah jago dong ya kalau masak tumisan kaya tumis cumi asin gini.

Resep Tumis Cumi Asin.

Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak Tumis Cumi Asin :
1. 300 gram Cumi Asin, di seduh dengan air panas, lalu diamkan 20 menit.
2. 7 butir Bawang Merah, di iris tipis.
3. 5 siung Bawang Putih, di iris tipis.
4. 5 buah Cabai Merah, di iris tipis.
5. 5 buah Cabai Rawit, di iris tipis.
6. 2 helai Daun Salam.
7. 1 ruas jari Lengkuas.
8. 1 papan Pete, di belah 2.
9. 2-3 sendok makan Kecap Manis.
10. 1/2 sendok teh Gula Pasir.
11. 1 buah Tomat, di belah.
12. 100 ml Air.
13. Garam secukupnya (saya pakai sedikiiit aja, karena cumi sudah asin).
14. 2 sendok makan Minyak untuk menumis.

Cara memasak Tumis Cumi Asin :

1. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu masukkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daun salam dan lengkuas kedalam wajan. Lalu aduk-aduk merata dan masak hingga beraroma harum dan layu.

2. Sesudah itu, masukkan pete kedalam wajan. Lalu bumbui dengan kecap, gula pasir dan sedikiiiit garam. Lalu aduk-aduk merata.

3. Setelah itu, tuang cumi asin dan air kedalam wajan. Lalu masak hingga kuah meletup-letup.

4. Test Rasa, hingga rasa sesuai selera Anda ya.

5. Sesudah rasanya pas sesuai selera, masukkan tomat kedalam wajan. Lalu masak hingga air menyusut, lalu matikan api. Dan angkat tumis cumi asin.

6. Tumis cumi asin sudah siap untuk disajikan sebagai lauk utama menu makan keluarga Anda.

Baca juga:

Notes:
Hati-hati penggunaan garam dalam memasak tumis cumi asin ini ya, karena cumi asin ini ada yang asin banget, ada juga yang samar-samar saja asinnya, dan ada juga yang gak asin. Kebetulan yang saya pakai ini cuminya tidak begitu asin, jadi saya masih tambahkan sedikit garam. Kalau pas nemu yang asin banget, garam bisa diskip yaa...Ok? Awas bikin boros nasi..heheehe.

Selamat mencoba memasak tumis cumi asin dan selamat menikmati tumis cumi asin hasil masakan Anda. Semoga resep tumis cumi asin pedas di Web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Tumis Cumi Asin.

0 komentar