/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Cara membuat Tuna Sambal Matah

Iklan Billboard 970x250

Resep Cara membuat Tuna Sambal Matah

Tuna Sambal Matah.

Tuna Sambal Matah : Sambal matah adalah sambal yang berasal dari Bali. Sambal ini terbuat dari bahan-bahan yang di iris-iris, kemudian disiram dengan minyak kelapa dan diberi air jeruk limau. Menurut saya sambal matah ini cocok di hidangkan dengan berbagai lauk, baik itu ikan, ayam atau bahkan tahu tempe. Cara membuatnya juga cukup mudah, gak perlu uleg menguleg, cuma perlu mengiris-iris bahan sambalnya aja. Sambal matah ini konon sedap kalau ditambahkan irisan bunga kecombrang. Sayangnya saya belum pernah nyoba, karena setiap bikin sambal matah, eeeh, kecombrangnya lagi gak berbunga. Kebetulan di tempat saya, cukup sulit mendapatkan bunga kecombrang di pasar, jadi harus nunggu berbunga dulu.

Tuna Sambal Matah, Resep tuna sambal matah,

Resep tuna sambal matah ini sangat praktis lho bikinnya, bisa jadi penyelamat di saat malas makan lho..hehehe. Gimana gak penyelamat, setiap bikin ini makannya jadi nambah-nambah..hahaha. Menu praktis gini tentunya cocok banget disajikan saat lagi malas masak atau kalau lagi udah laper, eh tapi kalau buat sambalnya jangan pedas-pedas ya. Selain dipadukan dengan tuna, sekarang ini sambal matah juga bisa divariasikan dengan berbagai menu masakan lainnya lho. Misalnya saja, fillet ayam crispy sambal matah, atau bahkan fish and chip sambal matah. Masya Allah...kreatif banget ya, dan hasilnya pun rasanya tetap enaaak.

Resep Tuna Sambal Matah.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Tuna Sambal Matah :
1. 1 kaleng kecil Tuna, saya tumis sebentar.
2. 10 butir Bawang Merah.
3. 3 siung Bawang Putih.
4. 12 buah Cabqi Rawit merah atau sesuai selera.
5. 3 lembar Daun Jeruk, di buang tulang daunnya.
6. 2 batang Serai, di ambil bagian putihnya.
7. 1/2 sendok teh Terasi Goreng atau Bakar.
8. 1/2 sendok teh Garam.
9. 1/2 sendok teh Gula Pasir.
10. 1 sendok makan Air Jeruk Limau atau Jeruk Nipis.
11. 3 sendok makan Minyak Goreng Panas.

Cara membuat Tuna Sambal Matah :

1. Iris bawang merah, bawang putih, cabai rawit, daun jeruk dan serai. Lalu kemudian campur menjadi 1 dalam wadah. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.

2. Sesudah itu, masukkan tuna, terasi, garam dan gula pasir kedalamnya. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata dan tuna 1/2 hancur.

3. Setelah itu, tuang minyak goreng panas dan air jeruk limau atau air jeeuk nipis kedalamnya. Lalu aduk-aduk kembali hingga merata.

4. Tuna sambal matah sudah siap untuk disajikan.

Baca juga:

Resep tuna sambal matah ini aslinya memakai minyak kelapa asli, tapi karena gak punya, saya pakai minyak goreng panas sisa menggoreng ikan asin..hehehe. Tapi Alhamdulillah rasanya tetap nikmaaat kok.

Selamat mencoba membuat tuna sambal matah dan selamat menikmati tuna sambal matah hasil buatan Anda. Semoga resep tuna sambal matah di web Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan memasak Tuna Sambal Matah.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post