Resep Cara membuat Ayam Suwir Masak Kecap Saus Tiram Pedas

Ayam Suwir Kecap.

Ayam Suwir Kecap : Masak menu apa lagi ini bund? Kok judulnya aneh bin ajaib gini ya?..hehehe. Ceritanya, tempo hari yang lalu, saya kan posting tentang resep krengsengan ayam ya, dan saya sempat cerita tuh tentang krengsengan yang dijual di pinggir jalan itu, dan rasanya beda banget dengan krengsengan yang pernah saya posting itu. Dan seperti ini lah krengsengan ayam ala kaki 5 di tempat saya. Tuh beda banget kan penampakannya. Jadilah saya ganti saja deh judulnya biar keliatan bedanya...hahaha. Di tempat saya, penjual nasi goreng biasanya memasak memakai arang. Jadi kebayang kan, enaknya aroma masakan yang dimasak menggunakan arang. Selain nasi goreng, ada juga menu mie goreng, mie kuah, cap cay dan juga nasi mawut, yaitu nasi goreng yang dicampur dengan sedikit mie goreng.

Ayam suwir masak kecap saus tiram pedas, Resep Ayam Suwir Kecap, Cara membuat ayam suwir kecap,

Pada beberapa penjual masakan ini ada lagi menu yang cukup unik, yaitu krengsengan, sop bening dan sop masak. Nah lhoo apa tuh sop masak, kan semua sop juga pasti dimasak. Sop masak dibuat dadakan juga, ketika ada yang pesan. Isinya suwiran ayam, kol, sawi, tomat yang dimasak dengan kuah kaldu serta dibumbui dengan kecap, saus tomat dan sambal bila suka. Enak lhoo rasanya unik dan pastinya segar. Kalau sop bening tidak memakai kecap dan saus tomat, jadi ya kuahnya dari kuah kaldu yang bening gitu.

Lain lagi kalau krengsengan. Beda banget dengan krengsengan yang biasanya kita tau itu. Krengsengan dibuat dari suwiran ayam beserta tulang-tulangnya, memakai telur, kol, sawi dan tomat, serta memakai kecap. Kuahnya biasanya sedikit saja, atau kalau orang Jawa bilang nyemek-nyemek. Yang dominan tentu saja rasa manis kecap dan gurihnya kuah kaldu. Krengsengan ini juga pasti dibuat mendadak ketika ada yang pesan.
Krengsengan ala saya atau yang sekarang ini punya nama baru ayam suwir masak kecap, masaknya tentu saja di atas kompor karena saya gak punya arang. Inipun bahannya gak lengkap, saya gak punya kol dan lupa masukin tomat..hahaha. Tapi ayam suwir masak kecap ini rasanya enak juha walaupun dimakan dengan nasi putih hangat atau bisa juga digadoin. Bikinnya simpel aja dan rasanya lumayan laaah. Silahkan buat yang mau bikin ayam suwir masak kecap, resepnya seperti yang saya tulis dibawah ini ya.

Resep Ayam Suwir Masak Kecap.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Ayam Suwir Masak Kecap :
1. 500 gram Ayam.
2. 3 ikat Sawi, di potong-potong.
3. Kol secukupnya (skip).
4. 1 buah Tomat, di belah 6 (skip, lupa gak masukin).
5. 2 butir Telur, di kocok lepas.
6. 3 siung Bawang Putih, di memarkan.
7. 4 sendok makan Kecap Manis.
8. 3 sendok makan Saus Tiram.
9. 1 sendok teh Garam.
10. 1/2 sendok teh Merica Bubuk.
11. 1/2 sendok teh Gula Pasir.
12. 200 ml Air Kaldu.
13. 2 batang Daun Bawang, di iris tipis.
14. 7 buah Cabai Rawit atau sesuai selera.
15. 3 sendok makan Minyak Bawang.

Cara membuat Ayam Suwir Masak Kecap :

1. Rebus ayam hingga matang dan keluar kaldunya. Lalu kemudian di suwir-suwir atau iris tipis, setelah selesai sisihkan.

2. Siapkan wajan dan panaskan minyak bawang. Lalu masukkan telur kocok dan sebagian daun bawang, kemudian buat orak-arik. Setelah matang, sisihkan ke tepi wajan.

3. Sesudah itu, masukkan bawang putih kedalam wajan. Lalu tumis hingga beraroma harum dan layu, lalu masukkan sawi dan kol. Lalu aduk-aduk dan masak hingga layu.

4. Lalu masukkan irisan ayam dan tulang-tulangnya bila suka, beserta kecap manis, saus tiram, garam, merica bubuk dan gula pasir kedalam wajan. Lalu kemudian tuang kuah kaldu kedalamnya. Lalu tutup wajan.

5. Masak hingga mendidih, kemudian test rasa hingga rasa sesuai selera. Lalu masukkan irisan tomat dan cabai rawit. Masak sebentar hingga layu.

6. Setelah kuah menyusut dan bumbu meresap, masukkan irisan daun bawang kedalam wajan. Lalu aduk-aduk merata dan matikan api.

7. Sajikan ayam suwir masak kecap dengan taburan bawang goreng.

Baca juga:

Ayam suwir kecap saus tiram ini versi yang tidak pedas nya ya, karena saya hanya memakai cabai rawit utuh. Ayam suwir masak kecap ini enak juga dibuat super pedas dengan menambahkan cabai rawit yang diuleg kasar. Di resep saya menggunakan minyak bawang yang memang biasa digunakan oleh abang-abang penjual nasi goreng. Kalau gak punya minyak bawang bisa saja kok pakai minyak goreng biasa. Minyak bawang ini gampang sekali membuatnya, dan berguna banget kalau mau bikin nasi goreng atau mie goreng. Pengen bikin juga? Ini resep minyak bawang nya ya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Minyak Bawang :
1. 20 siung Bawang Putih.
2. 200 ml Minyak Goreng.

Cara membuat Minyak Bawang:
1. Kupas bawang putih tanpa dicuci dan langsung diuleg halus. Pastikan juga ulegan dalam keadaan kering. Bawng putih bisa juga dicuci, kemudian di lap hingga benar-benar kering, bahkan bisa juha di jemur dahulu kalau perlu.

2. Campur bawang putih yang sudah halus dengan minyak goreng. Lalu kemudian disimpan di wadah kedap udara yang bersih dan benar-benar kering.

3. Diamkan minyak bawang selama 1 minggu dan minyak bawang sudah siap digunakan.

Minyak bawang dibuat dari bawang putih yang benar-benar kering, agar bawang putih tidak mudah berjamur. Setelah di diamkan selama 1 minggu, minyak bawang sudah siap untuk digunakan. Biasanya setelah 1 minggu saya menyimpan minyak bawang ini di dalam kulkas. Kalau pengen bikin nasi goreng atau mie goreng, jadi tinggal pakai minyak bawang ini saja, dan tinghal tambahkan sedikit bawang putih yang di memarkan.

Selamat mencoba membuat ayam suwir masak kecap saus tiram pedas dan selamat menikmati ayam suwir masak kecap hasil buatan Anda. Semoga resep ayam suwir masak kecap saus tiram pedas di Blog Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Ayam Suwir Masak Kecap.

0 komentar