Resep Cara membuat Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Ayam

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela.

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela, ini salah satu menu sambal goreng favorit saya yang biasanya ada di meja makan kita saat lebaran ya kan? Tapi bagi saya, bikin sambal goreng kentang ati ampela ini gak perlu nunggu lebaran tuh, kelamaan dong secara saya hoby banget sama sambal goreng kentang inj. Biarpun bikinnya ribet, tapi yang namanya hoby ya di niatin bikin saja. Gimana gak ribet, karena harus goreng kentangnya dulu, trus kalau pakai ati ampela harus ngerebus dulu ati ampelanya sampai empuk dan digoreng lagi. Bumbunya juga harus dihaluskan, gak bisa di iris-iris doang kan ya..hehehe. Tapi kan bisa disambi tuh ya masaknya, misalnya goreng kentang kan lama, dan kita bisa menyiapkan bumbu halusnya. Atau malah bisa bikin masakan lainnya deh.

Sambal goreng kentang ati ampela ayam, Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela, Cara membuat sambal goreng kentang ati ampela,

Resep sambal goreng kentang ati ampela, ini pastinya sudah pada bisa masaknya ya kan. Tapi gak apa-apa ya, saya tulis lagi disini resep sambal goreng kentang ati ampelanya, walaupun dulu-dulu juga kayanya saya sudah pernah nulis juga beberapa kali resepnya di blog ini. Nah, buat yang belum tahu resep sambal goreng kentang nya, silahkan bisa dicoba resep sambal goreng kentang ati ampelanya seperti yang saya tulis dibawah ini ya.

Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal goreng kentang ati ampela ayam :
1. 500 gram Kentang.
2. 250 gram Ati Ampela.
3. 2 lembar Daun Salam.
4. 1 ruas jari Lengkuas, di memarkan.
5. 300 ml Santan Kental.
6. 2 sendok makan Kecap manis (optional).
7. Garam secukupnya.
8. Merica Bubuk secukupnya.
9. Gula Pasir secukupnya.
10. 2 sendok makan Minyak untuk menumis.

Bahan Bumbu Halus Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Ayam:
1. 7 butir Bawang Merah.
2. 5 siung Bawang Putih.
3. 100 gram Cabai Merah besar.
4. 5 buah Cabai Rawit atau sesuai selera.
5. 1 sendok makan Gula Pasir.
6. 1 sendok teh Garam.

Cara membuat Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Ayam :

1. Kupas kentang, lalu di cuci sampai bersih kentang. Lalu dipotong-potong bentuk dadu dan digoreng kentang sampai matang. Lalu angkat dan tiriskan.

2. Rebus dahulu ati ampela ayam hingga empuk, lalu kemudian digoreng sampai matang. Lalu angkat dan potong-potong ati ampela sesuai selera.

3. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu tumis bahan bumbu halus hingga matang dan beraroma harum. Lalu masukkan daun salam dan lengkuas kedalm wajan. Lalu aduk-aduk hingga merata.

4. Sesudah itu, masukkan ati ampela ayam kedalam wajam. Lalu aduk-aduk kembali hingga tercampur merata.

5. Setelah itu, tuang santan sedikit demi sedikit kedalam wajan sambil diaduk. Lalu bumbui lagi hingga rasa sesuai selera dan masak hingga mendidih.

6. Sesudah rasanya pas, masukkan kentang goreng kedalam wajan. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata dan masak hingga santan menyusut dan bumbu meresap.

7. Matikan api, lalu angkat dan sajikan sambal goreng kentang ati ampela dengan taburan bawang goreng diatasnya.

Lauk pelengkap sambal goreng kentang ati ampela ini biasanya opor ayam atau sayur lodeh. Kalau saya, biasanya saya jadikan pelengkap lontong sayur. Pas banget deh...bisa bikin nambah-nambah terus makannya..hehehe.

Selamat mencoba membuat sambal goreng kentang ati ampela ayam dan selamat menikmati sambal goreng kentang ati ampela ayam hasil buatan Anda. Semoga resep sambal goreng kentang ati ampela ayam di Blog Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan memasak Sambal Goreng Kentang Ati Ampela.

0 komentar