Resep Cara membuat Sosis Solo Goreng

Sosis Solo Goreng.

Sosis Solo Goreng : Kembali lagi ke aktifitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Karena libur tlah usai yaa..hehehe. Saya sih gak lama-lama liburnya, cukup 2 hari saja ngajak anak-anak jalan-jalan dan bermain dengan sepupunya. Alhamdulillah biar cuma sebentar tapi bisa menyegarkan pikiran. Nah, untuk sekarang ini semangat untuk ke dapurnya belum balik lagi, jadi masih males-malesan, dan belum bikin cemilan, masak juga masih muter-muter antara milih menu masakan penyetan dan sayur asem. Jadilah saya posting reaep lama saja yaa...yaitu resep sosis solo. Sebagai pecinta makanan gorengan kelas berat, pastinya saya juga hoby banget dengan makanan sosis solo. Makanan jajanan yang satu ini sesuai banget dengan namanya yang berasal dari Solo.

Sosis solo goreng, Resep Sosis Solo Goreng, Cara membuat sosis solo goreng,

Resep sosis solo buatan saya ini terbuat dari dadar tipis yang berisi daging ayam atau daging cincang yang gurih, dan digoreng kembali dengan balutan kocokan telur. Duuuh...enak banget deh rasanya. Sosis solo ini mirip-mirip ya dengan risoles, tapi tidak menggunakan panir. Untuk membuat sosis solo, saya suka menambahkan santan dalam adonan kulit dan isiannya, jadi rasanya jadi lebih gurih. Kalau kurang suka, bisa aja hanya memakai air biasa. Untuk bahan isiannya, saya juga lebih suka memakai daging ayam. Sosis solo ini sekarang udah mulai familiar juga ya, gak kalah deh sama risoles. Mulai banyak juga kan yang menjadikan sosis solo ini sebagai salah satu makanan isian snack box. Walau resepnya sudah pernah saya posting dulu ya, saya tuliskan lagi disini ya resep sosis solo nya.

Resep Sosis Solo Goreng.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bahan Kulit Sosis Solo :
1. 300 gram Tepung Terigu serbaguna.
2. 4 butir Telur.
3. 30 gram Margarin, di lelehkan.
4. 1-1,5 sendok teh Garam.
5. 1 sendok makan Gula Pasir.
6. 500 ml Santan atau Air.

Cara membuat Kulit Sosis Solo :
1. Didalam wadah, campur tepung terigu, garam, gula dan telur kedalam wadah. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.

2. Sesudah itu, tuang santan atau air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur merata dan adonan tidak bergerindil. Bisa juga adonan kulit sosis ini dikocok sebentar menggunakan mixer speed rendah ya.

3. Setelah itu, masukkan margarin leleh kedalam adonan. Lalu aduk-aduk kembali hingga tercampur merata, lalu sisihkan.

4. Siapkan wajan anti lengket diatas kompor dan panaskan wajan dadar anti lengket. Lalu buat dadar tipis-tipis. Lakukan hingga adonan bahan kulit sosis habis. Setelah selesai, sisihkan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bahan isian Sosis Solo :
1. 400 gram Ayam, di cincang kasar.
2. 3 butir Bawang Merah, di haluskan.
3. 2 siung Bawang Putih, di haluskan.
4. 1,5 sendok teh Garam.
5. 1 sendok teh Gula Pasir.
6. 1/2 sendok teh Merica Bubuk.
7. 100 ml Santan.
8. 2 sendok makan Minyak untuk menumis.

Cara membuat bahan isian Sosis Solo:
1. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga beraroma harum. Lalu masukkan ayam cincang kedalam wajan. Lalu aduk-aduk dan masak hingga berubah warna.

2. Sesudah itu, bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata, kemudian tuang santan kedalamnya.

3. Selanjutnya, masak hingga santan menyusut dan ayam kering. Bahan isian sosis solo sudah siap digunakan.


Cara membuat sosis solo Goreng :

1. Ambil selembar kulit sosis, lalu diberi bahan isian secukupnya. Lalu gulung kulit sosis sambil dipadatkan, lalu lipat seperti bentuk amplop. Lalu lekatkan ujung kulit sosis dengan memakai putih telur atau cairan terigu.

2. Didalam wadah, kocok lepas telur. Lalu celupkan sosis solo kedalamnya.

3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Lalu goreng sosis solo hingga warnanya kecoklatan dan matang.

4. Lalu angkat dan tiriskan. Sajikan sosis solo dengan cabai rawit atau dengan sambal saus kesukaan Anda.

Sosis solo ini rasanya gurih bangeet walaupun dinikmati dengan saus sambal atau cabe rawit juga sudah enak banget kok rasanya. Atau cobain deh cocolin sambel kecap ala saya, enaak juga lho rasanya.

Selamat mencoba membuat sosis solo goreng dan selamat menikmati sosis solo goreng hasil buatan Anda. Semoga resep sosis solo goreng di Blog Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Sosis Solo.

0 komentar