Resep Cara Masak Ikan Peda Masak Santan Kuning Asam Manis Pedas

Ikan Peda Masak Asam Pedas.

Ikan Peda Masak Pedas : Haii,.. Sudah punya ide masakan untuk menu makan besok? Kalau saya sih belum punya, karena masih belum kepikiran juga sih..hehehe. Kalau resep ikan peda masak santan kuning asam manis pedas ini sih merupakan menu masakan ikan keluarga saya beberapa hari yang lalu. Mungkin saja siapa tau ada yang tertarik untuk mencoba memasaknya. Ceritanya saya masih punya stok ikan peda asap oleh-oleh dari kerabat dari Jawa Tengah, dan akhirnya ikan peda-nya saya masak santan kuning. Ikan peda ini biasanya dimasak mangut kalau di keluarga saya. Mirip-mirip sih rasanya dengan ikan peda santan kuning asam manis pedas yang saya buat ini, bedanya kalau mangut sih biasanya bumbunya cuma di iris-iris saja, sedangkan ikam peda santan kuning ini bumbunya di uleg kasar. Yang khas dari masakan ikan peda masak santan kuning asam manis pedas ini adalah aroma kencurnya yang bikin sedap, jadi kalau bisa jangan di skip ya penggunaan kencurnya. Biasanya saya juga menambahkan daun kemangi. Duuuh...beneran tambah enak deh masakan ikan peda masak santan kuning ini.

ikan peda masak asam pedas, resep ikan peda masak pedas,

Resep ikan peda masak asam manis pedas ini selain menggunakan ikan peda, bisa juga menggunakan ikan lele. Nahh, kalau ikan lele pedas masak santan itu kesukaan si adek. Saya juga heran kok dia bisa hobby banget makan ikan lele yang dimasak santan pedas gini. Makanya saya kalau masak gak pernah heboh pedasnya tuh, karena anak-anak juga ikutan makan. Seperti halnya ikan peda masak santan kuning ini, untuk tambahan cabai rawitnya gak saya uleg, cukup dimasukkan utuh saja. Rasa pedasnya pun jadi samar-samar saja, kalau mau heboh ya silahkan di gigit saja cabai rawitnya..hahaha. Untuk yang hoby makan pedas, resep ikan peda masak santan kuning ini mantap sekali kalau cabai rawitnya sekalian di uleg ya. Bisa bikin boros nasi deeh masakan ikan peda masak santan kuning asam manis pedas ini.

Resep Ikan Peda Masak Asam Manis Pedas.

Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak Ikan Peda Masak Santan Kuning Pedas :
1. 500 gram Ikan Peda Asap, di potong-potong.
2. 2 helai Daun Salam.
3. 2 ruas jari Lengkuas, di memarkan.
4. 2 sendok teh Garam.
5. 1/2 sendok teh Merica Bubuk.
6. 1/2 sendok teh Gula Pasir.
7. 600 ml Santan.
8. 15 buah Cabai Rawit.
9. 1 genggam Daun Kemangi.
10. 4 buah Belimbing Wuluh, di iris-iris.
11. 2 sendok makan Minyak untuk menumis.

Bahan Bumbu Ikan Peda Masak Santan Kuning Pedas yang di Uleg Kasar :
1. 7 butir Bawang Merah.
2. 5 siung Bawang Putih.
3. 7 buah Cabai Merah.
4. 3 cm Kencur.
5. 5 lembar Daun Jeruk, dibuang tulang daunnya.

Cara masak Ikan Peda Masak Santan Kuning Asam Manis Pedas :

1. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah di uleg kasar tadi hingga beraroma harum.

2. Setelah bumbu tumis harum, masukkan daun salam dan lengkuas kedalam wajan. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.

3. Sesudah itu, tuang santan kedalam wajan. Lalu bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk kedalam wajan. Lalu masak sambil sesekali diaduk-aduk agar santan tidak pecah.

4. Sesudah itu, masukkan ikan peda kedalam wajan. Lalu masak hingga mendidih dan bumbu meresap.

5. Test Rasa dan koreksi rasanya hingga sesuai dengan selera Anda.

6. Sesudah rasanya pas, masukkan cabai rawit, beserta daun kemangi dan belimbing wuluh kedalam wajan. Lalu masak sambil diaduk perlahan dan masak sebentar saja.

7. Lalu matikan api dan ikan peda masak santan kuning pedas sudah siap disajikan.

Baca juga:
Gulai Cumi Padang.

Ikan peda masak santan kuning pedas ini cara masaknya gampang banget kaan, dan rasanya juga enaak. Kalau menurut keluarga saya lho yaa..hehehe. Oh iyaa...kalau saya sih suka masak ikan peda masak santan kuning pedasnini kuahnya sedikit saja, atau kalau orang Jawa bilang kuahnya nyemek-nyemek gitu deh. Jadi, silahkan kalau suka yang kuahnya banyak, sesuaikan saja dengan selera keluarga masing-masing ya. Cobain yuk resep ikan peda masak santan kuning asam manis pedas nya?

Selamat mencoba memasak ikan peda masak santan kuning asam manis pedas, dan selamat menikmati ikan peda masak santan kuning pedas, hasil buatan Anda. Semoga resep ikan peda masak santan kuning asam manis pedas, di blog Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan memasak Ikan Peda Masak Pedas.

0 komentar