/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Cara membuat Kue Bolu Jerman Pandan

Iklan Billboard 970x250

Resep Cara membuat Kue Bolu Jerman Pandan

Bolu Jerman.

Kue Bolu Jerman : Haii, Apa kabar teman-teman? Untuk kali ini saya akan berbagi resep kue bolu yang lagi ngehits dan yang lagi kekinian, yaitu bolu jerman. Karena kebetulan saya jarang sekali buka-buka FB, bahkan FB di hape juga sering off, jadi saya juga jarang banget buka-buka grup FB. Gak heran kalau sekarang ini saya jadi gak gaul tentang resep makanan yang lagi ngetrend di grup..hehehe. Pas buka FB dan grup...whuiiih...ternyata lagi pada demam kue bolu jerman ya. Dan baru kali ini saya dengar dan tahu kalau ada bolu namanya bolu jerman. Sepertinya saya ini ketinggalan jaman banget deh ya..hehehe.

kue bolu jerman pandan, bolu jerman, resep bolu jerman, cara membuat kue bolu jerman,

Bolu jerman ini konon kalau aslinya di Jerman sana, gak ada yang namanya bolu jerman. Tapi entah kenapa kok bolu ini di namakan bolu Jerman. Sebenarnya ini adalah cake biasa yang proses pembuatannya menggunakan all in one method, yaitu semua bahan di kocok bersama, kecuali butter atau margarin cair. Resep bolu jerman ini mirip dengan resep cake pandan yang dulu pernah saya posting sebenarnya, hanya beda di takarannya saja. Kalau yang mau tau resep cake pandan, silahkan bisa di lihat di resep cake pandan ini ya.

Resep kue bolu jerman ini kalau berdasarkan testimoni dari teman-teman yang sudah membuat bolu jerman ini, rata-rata bilang kalau rasa boku jerman ini rasanya enak banget, dan teksturnya juga halus dan lembut mirip dengan chiffon cake. Penasaran donk kaya gimana, jadi saya juga harus ikutan bikin dong..hehehe. Namun saya buat yang versi bolu jerman pandan nya ya, karena memang saya itu hobby banget dengan aroma-aroma pandan. Mohon maaf saya tidak tahu siapa yang pertama kali mempopulerkan resep bolu jerman ini di grup, karena ya itu tadi...jarang buka FB..hehehe. Buat pemilik resep aslinya...terimakasih ya buat resep bolu jerman-nya ya...semoga tambah barokah sudah sharing resep kue bolu jerman ini.

Resep Bolu Jerman.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kue Bolu Jerman Pandan :
1. 6 buah Kuning Telur.
2. 3 Putih Telur.
3. 100 gram Gula Pasir.
4. 1/2 sendok teh Emulsifier.
5. 60 gram Tepung Terigu.
6. 30 gram Maizena.
7. 30 gram Susu Bubuk full cream.
8. 2 sendok makan Susu Cair (resep aslinya pakai air).
9. 100 gram Butter atau Margarin, di lelehkan.
10. 1 sendok teh Pasta Pandan.

Cara membuat Kue Bolu Jerman Pandan :

1. Panaskan dahulu oven dengan memakai suhu 170' C. Lalu siapkan loyang (saya pakai loyang tulban 22 cm), lalu olesi dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu. Setelah selesai, sisihkan.

2. Kocok bersama-sama dalam satu wadah kuning telur, putih telur, gula pasir, emulsifier, susu cair, tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Kocok hingga adonan mengembang dan kental. Lalu matikan mixer.

3. Sesudah itu, masukkan butter leleh dan pasta pandan sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil diaduk balik hingga tercampur merata.

4. Setelah itu, tuang adonan bolu kedalam loyang. Lalu kemudian, ketuk-ketuk loyang atau hentakkan loyang perlahan untuk mengurangi kadar udara yang ada di dalam adonan.

5. Selanjutnya, panggang adonan bolu jerman selama kurang lebih 30-40 menit, atau hingga bolu jerman pandan matang. Lalu keluarkan bolu jerman dari loyang dan dinginkan.

6. Bolu jerman pandan sudah siap untuk dinikmati dengan teh manis hangat sebagai makanan cemilan kesukaan keluarga Anda.

Baca juga:
22 Macam macam Keju.

Kue bolu jerman ini teksturnya memang lembut banget, tapi kalau menurut saya sih belum ringan seperti chiffon cake. Atau karena hasil kue bolu jerman buatan punya saya yang salah ya..hehehe. Untuk Anda yang menghindari pemakaian emulsifier, bisa dicoba atau diganti dengan menambahkan kuning telur ya, karena kuning telur adalah emulsifier alami. Next time in sya Allah pengen bikin lagi bolu jerman yang tanpa pandan, biar gak penasaran ya..hehehe.

Untuk saat ini sih saya sudah gak penasaran lagi, karena sudah ngerasain membuat kue bolu jerman sendiri yang lagi nge-hits katanya..hahaha. Alhamdulillah, rasa bolu jerman ini nikmat banget untuk teman nge-teh di sore hari. Selain versi pandan, bisa dicoba juga bikin yang versi vanilla, mocca, coklat, green tea, jeruk atau bahkan versi red velvet-nya. Asyik banget kan, dari 1 resep bolu jerman ini bisa divariasikan menjadi berbagai macam rasa. Happy Baking.

Selamat mencoba membuat kue bolu jerman pandan, dan selamat menikmati kue bolu pandan, hasil buatan Anda. Semoga resep kue bolu jerman pandan, di blog Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Kue Bolu Jerman.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post