/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Cara membuat Puding Kentang Kukus Gula Merah yang Lembut & Enak

Iklan Billboard 970x250

Resep Cara membuat Puding Kentang Kukus Gula Merah yang Lembut & Enak

Puding Kentang Kukus.

Puding Kentang Kukus : Kayaknya saya sudah lama banget bookmark resep puding kentang kukus gula merah ini dari blog inspiratif punya mbak Hesti. Yaaah..harap maklum lah kalau lagu lama saya sih masih tetap cuma bisa bookmark doang, tapi untuk eksekusinya sih entah kapan..hahaha. Karena kemarin kebetulan Mamah ngasih kentang banyak banget, ya sudah lah saya olah menjadi kroket dan kue lumpur saja. Tapi kok ya masih ada sisa kentangnya. Dan akhirnya jadi ingat deh sama resep puding kentang kukus ini, dan saya niatin banget harus bikin puding kentang kukus ini.

puding kentang kukus, resep puding kentang kukus, cara membuat puding kentang kukus gula merah,

Resep puding kentang kukus gula merah ini terdiri dari puding kentang kukus dan puding gula merah biasa. Selain memakai puding gula merah, puding kentang kukus ini enak juga kalau di jodohkan dengan puding coklat atau bahkan puding mocca. Bahkan saya kepikiran untuk memadukan dengan puding tape ketan tuh..hehehe. Tadinya saya juga mau bikin puding karang saja tuh,..karena memang resepnya sama saja sih dengan puding gula merah ini, tapi memakai santan encer, jadi terlihat motif karang dari kocokan telurnya. Tapi santan yang saya punya adalah santan kental, jadi langsung saja deh saya pakai tanpa mengencerkan dulu. Kalau saat mengaduk puding bisa konstan dan pada saat mendidih pertama, api langsung di matikan, maka tidak akan terbentuk lapisan tipis seperti punya saya ini. Kalau saya sih gak telaten banget ngaduk puding di sambi telponan sana sini.., huhuhu...jadinya gini deh. Tapi gak apa-apa deh, yang penting rasa puding kentang kukus-nya enaak. Maafkan saya juga kalau fotonya gak ada yang bener ya. Entah deh..mood untuk foto-foto pudingnya kaya lenyap saja. Bayangin saja kalau lagi niat foto saja, hasilnya masih gak bener, apalagi kalau gak mood kaya sekarang ini. Dapat dipastikan hasilnya juga pasti berantakan..Hiiiks.

Resep Puding Kentang Kukus.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Puding Kentang Kukus Gula Merah:
Bahan untuk Puding Kentang Kukus:
1. 200 gram Kentang Kukus, di haluskan.
2. 175 gram Gula Pasir.
3. 1 butir Telur Utuh + 2 Kuning Telur.
4. 1,5 sendok makan Margarin, di lelehkan.
5. 150 ml Susu Kental Manis, di larutkan dengan 150 ml air.
6. 25 gram Tepung Terigu.
7. 25 gram Maizena.
8. 1/2 sendok teh Vanilli.

Bahan untuk Puding Gula Merah:
1. 200 gram Gula Merah, di sisir halus, lalu direbus dengan 50 ml air hingga cair, kemudian di saring.
2. 25 gram Gula Pasir.
3. 600 ml Santan.
4. 1 butir Telur, di kocok lepas.
5. 1 bungkus atau 7 gram Agar-agar plain.
6. 1/4 sendok teh Vanilli.
7. 2 helai Daun Pandan, di simpulkan.

Cara membuat Puding Kentang Kukus Gula Merah :

1. Siapkan loyang bulat ukuran 20 atau 22 cm. Lalu olesi loyang dengan minyak atau margarin agak tebal. Setelah selesai sisihkan.

2. Cara membuat Puding Kentang Kukus:
Dalam wadah, kocok gula pasir beserta telur dan vanili hingga mengembang dan adonan berwarna pucat.

3. Sesudah itu, masukkan berturut-turut sambil tetap di kocok kentang kukus, larutan susu dan margarin leleh kedalam adonan. Lalu kocok hingga tercampur merata.

4. Setelah itu, masukkan tepung terigu dan maizena kedalam adonan. Lalu kocok kembali hingga adonan tercampur merata, lalu tuang adonan kedalam loyang.

5. Selanjutnya, kukus adonan puding kentang kukus selama 30-40 menit dengan api sedang (jangan terlalu besar apinya ya, agar puding tidak menggembung). Lalu angkat dan biarkan menjadi dingin.

6. Cara membuat Puding Gula Merah:
Dalam wadah, campurkan santan beserta larutan gula merah, agar-agar bubuk dan vanili. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.

7. Sesudah itu, masukkan kocokan telur kedalam adonan. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata, lalu kemudian di saring.

8. Sesudah di saring, masukkan daun pandan kedalamnya. Lalu masak sambil diaduk-aduk. Dan ketika mendidih pertama, langsung matikan api. Lalu kemudian, aduk-aduk kembali hingga uap panasnya menjadi hilang.

9. Selanjutnya, gurat perlahan permukaan puding kentang kukus dengan garpu. Lalu tuang larutan puding gula merah di atasnya sedikit demi sedikit. Setelah uap panasnya hilang, simpan puding kentang kukus gula merah di dalam kulkas.

10. Setelah puding kentang kukus gula merah dingin dan set. Lalu potong-potong puding, dan puding kentang kukus gula merah sudah siap di sajikan untuk di nikmati bersama keluarga tercinta Anda.

Baca juga:
Kacang Thailand.

Puding kentang kukus ini rasanya enaaak banget. Tekstur lembut puding kentang kukus yang di padukan dengan puding gula merah yang sangat legit ini sangat pas banget deh pokoknya. Soo...abaikan foto puding saya yang jelek ini ya, tapi cobain saja resep puding kukus gula merah yang enak ini ya.

Selamat mencoba membuat puding kentang kukus gula merah dan selamat menikmati puding kentang kukus gula merah hasil buatan Anda. Semoga resep puding kentang kukus gula merah, di blog Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Puding Kentang Kukus.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post