Resep Tauto Ayam Pekalongan

Tauto Ayam.

Tauto Ayam : Untuk kali ini saya posting resep salah satu makanan favorit saya sejak kecil, yaitu tauto ayam pekalongan. Tauto adalah salah satu jenis soto yang berasal dari daerah Pekalongan Jawa Tengah. Berbeda dengan soto lainnya yang pada umumnya berkuah kuning, maka kuah tauto ini berwarna coklat kemerahan. Rasa tauto ayam pekalongan ini sangat unik, karena memakai tauco dan juga cabai merah yang di haluskan. Rasa tauto ayam pekalongan ini menjadi agak gurih-gurih dengan sedikit pedas gitu. Biasanya tauto dimasak dengan memakai bahan daging sapi, tapi ternyata tauto ayam juga rasanya tetap enak lho.

tauto ayam, resep tauto ayam pekalongan,

Tauto ayam pekalongan ini saya paling suka sekali dengan tauto yang memakai bahan jantung sapi, jadi dulu irisan daging dan jantung sapi itu saya tata di tepi piring dan dimakan terakhir biasanya. Jadi nasi dimakan dengan kuah tauto, soun dan kerupuk saja, untuk dagingnya biasanya dimakan belakangan. Namun untuk kali ini saya membuat tauto ayam yang tidak kalah enaknya apabila dibandingkan dengan tauto sapi.

Resep tauto ayam yang saya tulis ini kalau saya biasa membuat tauto ayam dengan memakai ayam kampung, agar tidak terlalu berlemak dan rasanya lebih gurih. Kalau gak ada ayam kampung, boleh juga kok pakai ayam broiler biasa. Untuk bahan pelengkapnya biasanya memakai soun atau bihun, tauge, irisan daun bawang, bawang goreng dan sambal atau cabai rawit yang sudah di rebus. Tapu untuk kali ini saya gak pakai tauge karena lupa belinya. Oh iya, untuk irisan daun bawang untuk bahan taburan kalau bisa jangan di skip ya, karena menurut saya ini yang bikin tauto ayam tambah enak. Jadi masih terasa ada rasa kriuk daun bawangnya juga tuh ketika kita menikmatinya. Jadi daun bawang selain dimasukkan saat dimasak, juga ditaburkan di atas mangkok saji ya. Jadi, silahkan yang ingin mencoba resep tauto ayam pekalongan ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya.

Resep Tauto Ayam.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Tauto Ayam Pekalongan :
1. 1 ekor Ayam Kampung, dipotong-potong sesuai selera.
2. 2 liter Air.
3. 1 ruas jari Lengkuas, di memarkan.
4. 2 helai Daun Salam.
5. 3 sendok makan Kecap Manis.
6. 2 sendok makan Tauco.
7. 2 sendok teh Garam.
8. 1/2 sendok teh Gula Pasir.
9. 1/4 sendok teh Merica Bubuk.
10. 1 batang Daun Bawang, di potong-potong.
11. 2 sendok makan Minyak untuk menumis.

Bahan Bumbu Halus Tauto Ayam Pekalongan:
1. 7 butir Bawang Merah.
2. 5 siung Bawang Putih.
3. 5 buah Cabai Merah (bisa juga pakai cabai keriting atau ditambahkan cabai rawit bila suka pedas).

Bahan Pelengkap Tauto Ayam Pekalongan:
1. Soun atau Bihun.
2. Tauge yang disiram air panas atau direbus sebentar.
3. Seledri dan Daun Bawang, di iris-iris.
4. Bawang Goreng.
5. Cabai Rawit, direbus atau sambal.
6. Lontong atau Nasi.

Cara membuat Tauto Ayam Pekalongan :

1. Rebus ayam dalam air mendidih, lalu masukkan cabai merah yang akan di haluskan kedalam panci. Lalu rebus hingga cabai merah layu dan angkat, lalu teruskan merebus ayam hingga 1/2 empuk.

2. Haluskan cabai merah bersama bawang merah dan bawang putih, kemudian masukkan tauco kedalamnya. Lalu uleg kasar dan sisihkan.

3. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah di uleg tadi hingga matang dan harum. Lalu kemudian angkat dan masukkan bumbu kedalam rebusan ayam.

4. Sesudah itu, masukkan kecap manis, garam, merica dan gula pasir kedalam rebusan ayam. Lalu kecilkan api, dan teruskan memasak hingga ayam benar-benar empuk dan bumbu meresap.

5. Jangan lupa test rasa hingga rasa sesuai selera Anda ya. Menjelang di angkat, masukkan irisan daun bawang kedalamnya.

6. Matikan api, lalu ambil potongan ayam, lalu suwir-suwir daging ayam. Sajikan tauto ayam selagi hangat dengan bahan pelengkap.


Kalau saya paling suka sekali menikmati semangkok tauto dengan menggunakan lontong. Resikonya yaaa...cepat lapar lagi tuh! Begini ini nih cirinya kalau perut lokal, kalau belum makan nasi ya ngakunya belum makan...hahaha. Untuk yang biasanya mudik via jalur Pantura, jangan lupa mampir makan tauto saat lewat Pekalongan ya, biar bisa ngerasain taoto asli pekalongan rasanya kaya apa sih yang aslinya.. Apakah rasanya sama dengan rasa tauto ayam pekalongan yang resepnya saya posting ini? Hehehe.

Selamat mencoba membuat tauto ayam pekalongan, dan selamat menikmati tauto ayam pekalongan, hasil buatan Anda. Semoga resep tauto ayam pekalongan, di blog Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Tauto Ayam.

0 komentar