/* Blogger Sitemap Dropdown */ #sitemap1 {background-color:#fff; color:#1d2129; font-weight:400; border:1px solid #ccc;} #sitemap1 .loading {padding:10px 15px; color:#666;} #sitemap1 .judul {background-color:#008c5f; color:#fff; font-size:125%; font-weight:600; padding:15px; cursor:pointer; border-bottom:1px solid #fff; letter-spacing:1px; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .judul:last-child {border-bottom:0px;} #sitemap1 .judul:hover {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul:after {content:''; width:0px; height:0px; position:relative; float:right; top:10px; right:10px; border:5px solid transparent; border-color:#fff transparent transparent; transition:all .3s ease} #sitemap1 .judul.aktif {background-color:#1d2129;} #sitemap1 .judul.aktif:after {border-color:#fff transparent transparent; top:5px; -webkit-transform:rotate(-180deg); -moz-transform:rotate(-180deg); -ms-transform:rotate(-180deg); -o-transform:rotate(-180deg); transform:rotate(-180deg)} #sitemap1 .konten ol, #sitemap1 .konten ol li {list-style:none; list-style-type:none; margin:0px; padding:0px; font-weight:400;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(even) {background-color:#e9e9e9;} #sitemap1 .konten ol li:nth-of-type(odd) {background-color:#fff} #sitemap1 .konten ol li a {text-decoration:none; padding:10px 15px; display:block; color:#666; line-height:1.5em; transition:all .3s ease;} #sitemap1 .konten ol li a:hover {color:#000;}
AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb
Resep Mia Ayam Kangkung Kuah Kental

Iklan Billboard 970x250

Resep Mia Ayam Kangkung Kuah Kental

Mie Kangkung.

Mie Kangkung : Ada yang suka mie ayam kangkung? Kalau pertanyaan itu ditujukan kepada saya sih, pasti langsung jawab sukaa banget..hehehe. Mie yang kenyal disajikan dengan kuah kecoklatan yang kental, dipadukan dengan kangkung dan tauge, serta tak lupa dilengkapi dengan kucuran air jeruk limau. Rasa mie ayam kangkung ini berasa juara banget, apalagi jika disajikan saat cuaca dingin. Tambah enak deh pastinya mie ayam kangkung kuah kental ini. Mie ayam kangkung ini sebenarnya mirip dengan mie ayam biasa sih, cuma yang menjadi ciri khas dari mie ayam kangkung ini tentu saja adanya tambahan bahan kangkung dalam penyajiannya. Ya iya lah...namanya juga mie ayam kangkung, masa pakainya sawi..hahaha.

mie kangkung, mie kangkung kuah kental, resep mie kangkung, cara membuat mie kangkung, mie ayam kangkung, resep mie ayam kangkung,

Mie kangkung biasanya disajikan dengan potongan daging ayam atau daging sapi dan juga telur puyuh. Ada juga yang menambahkan jamur, ceker ayam, atau bahkan udang. Boleh-boleh saja sih, silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing. Karena kalau di resto atau gerai mie ayam, biasanya mie kangkung disajikan di atas hot plate. Duh...kebayang kan gimana nikmatnya mie kangkung hot plate. Karena saya gak punya hot plate, jadi disajikan di mangkok saja ya..hehehe. Namun tetap nikmat kok. Sebenarnya ada yang kurang pas dari mie ayam kangkung buatan saya ini, karena saya gak pakai jeruk limau. Karena kebetulan tanaman dibelakang rumah lagi gak berbuah, cari di tukang sayur juga lagi gak ada, jadi terpaksa lah pakai jeruk nipis aja. Tapi rasanya tetap enak kok mie ayam kangkung ini. Buat yang mau bikin mie ayam kangkung ini, berikut resep mie ayam kangkung kuah kental lengkapnya.

Resep Mie Ayam Kangkung.

1. 200 gram Mie Telur.
2. 2 sendok teh Minyak Wijen.
3. 2 ikat Kangkung, di rebus hingga agak lunak.
4. 2 genggam Tauge, di siangi dan di rebus.

Bahan Bumbu Halus :
1. 6 siung Bawang Putih.
2. 2 sendok makan Ebi Sangrai.

Bahan Kuah Mie Ayam Kangkung Kuah Kental :
1. 300 gram Fillet Dada Ayam, di potong dadu kecil.
2. 10 butir Telur Puyuh Rebus.
3. 5 sendok makan Kecap Manis.
4. 2 sendok makan Saus Tiram.
5. 1/2 sendok teh Merica Bubuk.
6. 1 sendok teh Garam.
7. 1/2 sendok teh Gula Pasir.
8. 2 sendok makan Maizena yang dilarutkan dengan sedikit air.
9. 1500 ml Air Kaldu
(dari 2000 ml air dan tulang ayam yang di didihkan dan di saring).
10. 2 sendok makan Minyak untuk menumis.

Bahan Pelengkap Mie Ayam Kangkung :
1. Daun bawang, di potong-potong.
2. Bawang Goreng.
3. Air perasan jeruk limau atau jeruk nipis.

Cara membuat Mie Ayam Kangkung Kuah Kental :

1. Rebus mie telur hingga lunak (jangan kelamaan ya), lalu angkat dan tiriskan. Kemudian tambahkan minyak wijen. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata dan sisihkan.

2. Panaskan minyak diatas wajan, lalu tumis bahan bumbu halus hingga beraroma harum. Lalu masukkan fillet dada ayam kedalam wajan bumbu halus, lalu masak hingga berubah warna.

3. Sesudah itu, tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, gula pasir dan merica bubuk kedalamnya. Lalu aduk-aduk merata.

4. Setelah itu, tuang air kaldu kedalam wajan. Lalu masak hingga mendidih dan daging ayam menjadi empuk. Test Rasa hingga rasanya pas sesuai selera.

5. Selanjuynya, masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang di inginkan. Lalu masak hingga meletup-letup.

6. Sesaat sebelum diangkat, masukkan telur puyuh kedalamnya. Lalu aduk-aduk merata, dan matikan api. Lalu angkat.

7. Penyajian mie ayam Kangkung:
Siapkan mangkuk saji atau hot plate. Tata mie telur di atasnya, lalu beri kangkung, tauge dan irisan daun bawang.

8. Lalu siram dengan kuah beserta ayam dan telur puyuh. Lalu taburi dengan bawang goreng dan beri sambal bila suka.

9. Mie ayam kangkung kuah kental sudah siap disajikan selagi panas untuk menjadi makanan kesukaan keluarga Anda.


Untuk sambal mie ayam kangkung ini, saya membuat sambel bawang, yang bahannya terdiri dari cabe keriting, cabe rawit, bawang putih, gula pasir dan garam. Cara membuatnya tentu saja cukup mudah, cukup rebus cabe keriting, cabe rawit dan bawang putih. Kemudian, haluskan bersama gula paair dan garam. Lalu beri sedikit air sisa rebusan cabe, dan sambal bawang sudah siap dijadikan sambal pelengkap mie ayam kangkung buatan Anda.
Mie ayam kangkung buatan sendiri ini rasanya nikmat sekali lho! Gak kalah enak dengan mie ayam kangkung yang dijual diluar sana. Buat yang suka jajan mie ay kangkung, yuuk dicoba bikin sendiri.

Selamat mencoba membuat mie ayam kangkung kuah kental, dan selamat menikmati mie ayam kangkung, hasil buatan Anda. Semoga resep mie ayam kangkung kuah kental, di blog Resep Masakan Kuliner ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan membuat Mie Ayam Kangkung.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post